UMKM – Mudahnya BerBisnis Online

by Maret 21, 2018

Tidak dipungkiri UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) ternyata memiliki peran yang besar bagi perekonomian di Indonesia. Terbukti ketika krisis moneter di tahun 1997, di saat satu persatu perusahaan besar tumbang, bisnis UMKM justru tak goyang dan malah menjadi tulang punggung perekonomian di saat itu.

Kreteria UMKM dipisahkan dengan aset dan omset

Usaha Mikro 

Usaha produktif milik orang perorangan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. Kriteria asset: Maks. Rp 50 Juta, kriteria Omzet: Maks. Rp 300 juta rupiah.

Baca juga :Mendapatkan uang dari blogging

Usaha Kecil

Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini. Kriteria asset: Rp 50 juta – Rp 500 juta, kriteria Omzet: Rp 300 juta – Rp 2,5 Miliar rupiah.

Usaha Menengah

Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha Kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. Kriteria asset: 500 juta – Rp 10 Miliar, kriteria Omzet: >Rp 2,5 Miliar – Rp 50 Miliar rupiah.

Perkembangan UKM Indonesia beberapa tahun belakangan ini sepertinya disandingkan dengan startup. Akibat kebijakan pemerintah yang terus menggenjot perkembangan keduanya. Target minimal 2% UMKM di Indonesia dan 1000 startup di tahun 2020. Namun ternyata tak semua orang tahu bahwa keduanya berbeda meski sama-sama usaha rintisan yang berasal dari ide brilian seseorang yang mampu melihat jeli peluang usaha.

Perbedaannya terletak pada jenis usahanya. Jika usaha UMKM lebih menghasilkan suatu produk sedangkan bentuk usaha startup lebih mengandalkan jasa. Sehingga UMKM biasanya hasil usahanya bisa langsung dinikmati oleh konsumen seperti pakaian, kuliner, dan karya seni, dan sebagainya. Sementara startup lebih ke arah aplikasi atau software, digital marketing agency, cloud based service.

GO ONLINE dalam Bisnis

Internet bukan hanya ada di Indonesia, melainkan negara-negara lainnya yang berpotensi menjadi pasar baru untuk bisnis Anda. Anda bisa melintasi batas negara bahkan benua untuk menjangkau calon pelanggan yang menyukai produk bisnis Anda dengan mudah. Selain itu dengan go online akan menjadikan bisnis Anda lebih kompetitif dan bisa meraih pelanggan baik regional maupun global sampai 6%. Contoh kasusnya di Indonesia ada beberapa produk yang sepertinya tidak terlalu terkenal, malah lebih banyak mendapatkan pelanggan dari luar negeri.

Manfaat lainnya yang dirasakan adalah adanya kemudahan transaksi baik dengan pelanggan maupun dengan pemasok bisnis Anda setelah go online.

Saat ini banyak sekali Jasa yang menawarkan digital marketing salah satunya saya sendiri. Jasa digital Marketing akan membantu bisnis dalam pemasaran online karena ilmu ini bisa dibilang baru di Indonesia.

Memasarkan iklan bisnis seperti pada content gambar atau vidio memang menarik, namun diperlukan biaya yang tidak sedikit. Selain itu audience iklan pun belum tentu merupakan target pasar bisnis kita, sehingga kurang efisien. Mengelola iklan digital dapat mengurangi biaya pemasaran karena iklan lebih terarah sesuai target pasar kita, sehingga lebih efisien. Ditambah lagi dengan bergesernya penggunaan media oleh para konsumen yang saat ini lebih banyak menggunakan internet, iklan digital pun memiliki keunggulan dibanding iklan konvensional.

Dengan go online, bisnis Anda akan memiliki kesempatan lebih besar dan lebih inovatif dari sebelumnya karena Anda akan melihat banyak sekali kesempatan dan cara berbisnis yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya.

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.