Tips terbaik memilih VGA Gaming untuk VGA PC dan Laptop kalian

by Februari 18, 2018
HARDWARE 0   102 views 0

Graphic card merupakan salah satu element penting dalam perakitan sebuah komputer untuk kebutuhan gaming. Bagaimana tidak? Komponen yang satu ini 80% akan menentukan apakah suatu game dapat dijalankan di sistem Anda atau tidak. Semakin tinggi “kelas” graphic card tersebut, maka akan dengan mudah memainkan game-game keluaran baru dengan kualitas tinggi. Seorang Editor pun harus menggunakan graphic card yang tinggi karena kalau tidak akan lola (loading lama) atau bisa not respon akibat tidak kuat graphic card nya.

Memilih graphic card sendiri bisa dikatakan gampang jika sudah mengetahui dan sudah memahaminya. Gampang bagi yang paham akan seluk-beluk VGA dan susah bagi yang kurang paham. Hal tersebut membuat banyak sekali orang diluar sana yang membuat “pedoman” tentang graphic card. 

tadi tips untuk kalian yang akan membeli kartu grafis. Semoga bermanfaat ya. Pesan Jaka, jadilah pembeli yang cerdas, pastikan kalian memperhatikan spesifikasi teknis dari kartu grafis yang akan kalian beli serta jangan lupa sesuaikan dengan budget kalian.

Saat ini terdapat begitu banyak brand kartu grafis seperti NVIDIAAMD, dan lain sebagainya yang menawarkan kemampuan kartu grafis tingkat tinggi dengan fitur yang berbeda-beda. Maka untuk menentukan kartu grafis mana yang paling tepat untuk kebutuhan kita merupakan hal yang cukup membingungkan. Nah, karena itu kali ini ngotik.com akan membantu kalian memilih kartu grafis yang cocok untuk PC kalian melalui beberapa tips berikut ini. Simak selengkapnya ya!

Tips Jitu Memilih VGA Terbaik Untuk PC dan Laptop Kalian

1.Jumlah Core Pada Kartu Grafis

Selain GPU, kalian juga harus memperhatikan jumlah core GPU pada kartu grafis yang kalian akan beli. Semakin banyak jumlah core yang dimiliki oleh suatu GPU, maka semakin banyak pula tugas  yang bisa dilaksanakan dalam satu waktu oleh GPU tersebut.

Ibaratnya, jika GPU dengan 6 core diminta untuk mengerjakan 3 tugas, maka 1 tugas akan diselesaikan oleh 2 core secara bersamaan, yang mana hal tersebut lebih cepat jika dibandingkan dengan GPU yang memiliki jumlah core 3 karena masing-masing core hanya bekerja sendiri untuk menyelesaikan 1 tugas. 

2.Utamakan GPU Bukan Brand

Ketika membeli kartu grafis (graphic card) untuk perangkat komputer kalian, pastikan kalian tidak terpengaruh oleh pandangan yang menyatakan kalau brand adalah segalanya. Memang, beberapa brand terkenal seperti NVIDIA dan AMD memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Tapi tetap saja, kalian harus teliti dan memperhatikan aspek GPU. GPU merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk melakukan perhitungan matematis yang nantinya akan digunakan untuk melakukan proses render gambar yang akan ditampilkan melalui layar monitor.

Ketika kalian memperhatikan aspek GPU, kalian akan sering melihat informasi terkait GPU Speed. Nah, pastikan kalian memilih kartu grafis dengan GPU Clock Speed yang tinggi agar kualitas grafis di perangkat komputer kalian meningkat dengan tajam. GPU Clock Speed ini menunjukkan batasan kemampuan dari kartu grafis tersebut untuk melakukan perhitungan matematis. Semakin tinggi GPU Clock Speed, maka perhitungan matematis tadi semakin cepat sehingga proses render juga akan berjalan lebih cepat.

Perhatikan Tipe Memori dan Bandwith

Aspek lain yang juga sangat penting dan wajib kalian perhatikan ketika membeli kartu grafis adalah tipe memori yang dimiliki oleh kartu grafis pilihan kalian. Terdapat beberapa tipe memori kartu grafis yaitu GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5 dan GDDR5X.

Jika melihat dari urutan tersebut, sudah bisa dipastikan kalau semakin tinggi angka pada tulisan GDDR, maka semakin baik pula kemampuan dari kartu grafis kalian. Sebagai contoh, kemampuan dari GDDR5X dua kali lebih cepat daripada kemampuan GDDR5 dan GDDR5 tiga kali lebih cepat daripada GDDR3.

Selain itu, kalian juga harus memperhatikan bandwith memori kartu grafis yang kalian beli. Bandwith pada memori kartu grafis merupakan jumlah data yang bisa diakses oleh GPU dalam satu waktu sehingga semakin cepat bandwith, maka proses komputasi yang berlangsung dalam GPU juga akan semakin cepat selesai.

Hal tersebut akan meningkatkan jumlah frame gambar yang dihasilkan dalam satu detik. Sebagai tambahan, semakin banyak frame yang dihasilkan dalam satu detik, maka semakin baik pula kualitas dari gambar yang dihasilkan resolusinya lebih keren.

Jadi tips untuk kalian yang akan membeli kartu grafis. Semoga bermanfaat ya. Pesan Jaka, jadilah pembeli yang cerdas, pastikan kalian memperhatikan spesifikasi teknis dari kartu grafis yang akan kalian beli serta jangan lupa sesuaikan dengan budget kalian.Kalau saya lebih suka yang Nvidia dan MSI kalau MSI memang di peruntukan untuk para gamers jadi spesifikasinya tingi-tinggi.

Komentar dengan 💗 di 👇🏾