Mengulas Distributor, Agen, Reseller dan Suplier serta Dropshipper

by Juni 18, 2017
BLOG 0   93 views 0

Dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam kegiatan ekonomi atau pun yang sedang mencari bisnis akan ketemu dengan istilah penyalur barang seperti Distributor, Agen, Reseller dan Suplier serta Dropshipper.

Namun, kebanyakan masyarakat tertukar-tukar dalam memahami istilah tersebut, di artikel ini ngotik bahas secara terperinci.

Distributor


Sebutan bagi orang atau perusahaan yang membeli barang dari produsen yang memproduksi barang tersebut secara langsung dengan tujuan menjualnya kembali kepada toko-toko. Biasanya DISTRIBUTOR akan menerima presentase diskon/pemotongan harga yg lebih besar dari produsen karena melakukan pembelian dalam jumlah sangat banyak.

Masih bingung ?ngotik jelaskan lebih detail

Jadi Distributor adalah sebagai penghubung dari toko-toko / retail.

Contoh:

Saya pemilik ngotik juga sebagai distributor manset tangan, langsung diambil dari produsen atau konveksi nya langsung. Bisa dicari websitenya Odijup.com , Target utama saya ialah toko-toko atau pun yang belum memiliki usaha dan seorang yang ingin menjual produk saya tanpa modal. Dengan harga yang cukup dibilang bersaing dan kualitas produk sebagai unsur pertama.

Agen


Agen adalah menjual dari distributor ke retail dan terkadang agen juga bisa bersifat sebagai perantara. Pendapatan agen adalah komisi penjualan dari distributor atau selisih harga jual dari harga retailer.

Contoh: Agen sembako membeli beras dari distributor beras.

 

Reseller


reseller adalah menjual kembali suatu produk yang dilakukan oleh penjual setelah penjual tersebut membelinya.

Masih bingung, ngotik kasih contoh:

Reseller yaitu orang yang membeli barang secara grosir yang bertujuan menjual produknya kembali.

Baca juga: Penting tidak database untuk bisnis

Supplier


SUPLIER adalah seseorang atau badan usaha yang secara berkala menjual barang kepada usaha lain.

Masih bingung, contoh:

Misalnya supplier kertas memasok kertas ke kantor-kantor atau contoh lainnya: supplier besi tua memasok besi ke pabrik pengolahan besi. Jadi barang yg dijual oleh supplier adalah penunjang kegiatan usaha atau berupa bahan mentah. kadang SUPLIER juga bisa mensuplai barang pada distributor.

Dropshipper


Seseorang yang menjual barang tanpa modal atau tanpa stock, jadi tugasnya hanya memasarkan produk dan naikan harga produk.

Contoh:

Seorang yang mengambil foto dari Odijup.com dan mengupload foto di media sosialnya dengan harga yang sudah di naiki .

Komentar dengan 💗 di 👇🏾