Perubahan pemasaran digital-The Rise Of Copywriting

by Februari 14, 2018
BLOG DIGITAL MARKETING 0   51 views 0

Tidak ada yang bisa mengalahkan kehebatan pemasaran digital. Strategi pemasaran berkembang dengan sangat pesat. konsep pemasaran secara umum Prinsip dasarnya adalah kalau pasarnya berubah karena digital, pasti pola strategi pemasaran yang dipake juga akan berubah dan perubahan ini sangat nyata dan harus merubah pola pikir Anda. Saya sangat merasakan karena mengalami keduanya, generasi analog dan digital.

Salah satu yang banyak menarik perhatian saya adalah munculnya banyak produk-produk digital atau yag berorientasi digital. Beda keduanya sangat tipis, karena banyak juga produk yang katanya digital padahal bukan. Seakan digitalisasi adalah sebuah keharusan, kalau tidak digital ya gak eksis. 

Digitalisasi membuat produk mempunyai daur hidup yang lebih cepat dari yang seharusnya. Konsep product-life-cycle yang konvensional berubah banyak dengan percepatan pada growth. Era dahulu menjadikan daur hidup lebih lama. Sekarang? Gak lagi. Munculnya generasi ‘growth hacking’ membuat produk menjadi lebih cepat naek dan cepat juga drop. Ini yang membuat konsep ‘branding’ tidak berjalan dengan baik. Branding yang memerlukan waktu lama bukan lagi menjadi prioritas. Kecuali Anda mempunyai uang lebih di dompet Anda.

Masih inget Nokia? Atau masih ada yang inget produknya? Saat itu, Nokia mempunyai produk yang sangat beragam dengan fitur-fitur yang nyaris sama. Satu persatu produknya tidak lagi dipake orang. Kenapa? Karena mereka saling meng-kanibal Periferal sulit di temukan jadi handphone yang rusak diambil periferalnya yang masih bagus. Produk yang membanjiri pasar membuat produk Anda menjadi semakin pendek daur hidupnya. Belajar dari Nokia, kalo Anda bikin produk, pastikan mempunyai diferensiasi yang jelas, baik diantara produk anda ataupun dengan kompetitor. 

Baca juga artikel terkait:Mengenal content marketing untuk para internet marketer

Kalau secara demografi pasar Anda tidak berubah, tetapi secara behaviour pasti berubah. Digitalisasi merubah semuanya. Lihatlah apa yang dibawa oleh anak generasi X saat ini : gadget atau smartphone. Anda akan sangat terkejut ketika tahu bahwa anak-anak yang akan (atau sudah) menjadi pasar Anda ini sungguh sangat berbeda. Tahukah Anda kalau sebagian besar anak jaman sekarang (Zaman Now) mencari produk di sosial media? Referensi menjadi penting. Ini eranya C2C (customer to customer).

Apakah memungkinkan kita melakukan positioning melalui proses digital?

Jawaban: Bisa, hanya dengan cara berpikir dalam sudut pandang yang berbeda

Sekarang sudah tidak bisa lagi membuat sebuah positioning berdasarkan kepada produk atau diferensiasi semata. Oke, kalau produk Anda mempunyai keunikan yang nyata-nyata tidak dimiliki oleh produk sih boleh saja. Tapi saat ini menjadi sulit karena kompetitor bisa meniru produk Anda kapan saja. Jadi bagaimana memenangkan ‘mindshare’ dari konsumen?

Caranya  :

1. Punyai keunikan yang luar biasa pada produk Anda. Tujukan pertanyaan ini ke diri Anda sendiri : kenapa saya harus membeli produk Anda? – kalau jawabannya masih : karena produk saja lebih bagus dari yang lain, atau produknya lebih besar atau lebih cepat atau lebih berwarna; maka Anda sedang berada dalam masalah yang sangat besar. Berarti produk Anda biasa saja.

2. Nah solusinya ada disini : punya produk yang biasa saja tidak masalah di era digital. Tapi Anda harus mempunyai copywriting yang luar biasa. Ingat selalu, bahwa positioning itu adalah memenangkan pikiran konsumen, mindshare yang dibidik. Dan yang menggembirakan, pikiran itu bisa sangat subjektif. Maksudnya?

Begini. Pikiran bekerja berdasarkan panca indera. Semuanya di-trigger masuk ke otak. Dalam kasus ini, yang di-trigger masuk ke otak harus bisa dimanipulasi.

Jadi dalam kasus ini Anda harus memiliki produk yang unik dari yang lainnya. Di era digital cara penjualannya pun berbeda karena dalam digital hal yang terpenting ialah reputasi dan kepercayaan dalam hal tersebut Anda harus membuat hal yang berbeda seperti halnya copywriting karena kalau copywriting Anda kurang baik calon customer Anda tidak aware terhadap produk Anda. 

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾