Testimoni untuk toko online, pentingkah?

by Juni 22, 2017
BISNIS BLOG DIGITAL MARKETING 0   133 views 0

Suatu transaksi perdagangan pastilah dilandasi oleh kepentingan saling membutuhkan dan rasa kepercayaan. Konsumen membutuhkan produk tersebut untuk memenuhi kebutuhannya dan penjual pun mengharapkan keuntungan dari transaksi tersebut. Kepercayaan dalam transaksi perdagangan seperti misalnya percaya bahwa produk yang dijual bagus sesuai dengan harga, tidak dibohongi, dan lain sebagainya. Kepercayaan ini muncul karena rasa puas baik akan produknya maupun pelayanan yang diberikan. Kepercayaan ini lebih mudah didapatkan jika kedua belah pihak bertatap muka karena konsumen bisa langsung melihat produknya. Lalu bagaimana dengan bisnis online yang tidak langsung bertatap muka? Bagaimana konsumen bisa percaya dan tidak takut ditipu? Salah satu caranya adalah dengan memilih “lapak” terpercaya yang sudah sering digunakan oleh banyak orang. Selain itu, sahabat dapat melihat dari testimoni orang-orang yang sudah menggunakannya. 

Seberapa pentingkan testimoni untuk toko online?


Untuk menjadikan testimonial bermakna penting dalam bisnis online sahabat, perlu kiranya sahabat mengetahui cara-cara jitu yang bisa memanfaatkan testimonial sebagai ajang untuk menarik pelanggan. Yang palng utama adalah kualitas dari produk sahabat harus terjaga sehingga konsumen akan memberikan testimonial seputar kepuasan mereka belanja di toko online sahabat. Jangan sekali-kali mengecewakan pelanggan. Sebab, komentar negatif dapat muncul dari konsumen bahkan bisa saja konsumen tersebut berkeluh-kesah di jejaring sosial mereka tentang toko online sahabat, sehingga akan menimbulkan pandangan negatif dari banyak orang. Hal ini tentu akan membuat sahabat kehilangan banyak pelanggan.

Testimonial yang tak kalah berpengaruhnya selain komentar konsumen adalah testimonial dari para ahli. Misalnya Sahabat menjual produk fashion, maka sahabat bisa meminta testimonial dari seorang ahli fashion yang akan menerangkan bahwa produk sahabat sangat bagus. Penilaian dari para ahli tentang produk yang sahabat jual akan meyakinkan konsumen akan kualitas produk sahabat. Toko online sahabat juga akan menjadi lebih populer dan terpercaya.

baca juga:

 Penting tidak database untuk bisnis 

Beberapa kiat testimoni untuk toko online


1. Testimoni Tertulis

Testimoni bisa berupa tulisan yang disampaikan pada toko online sahabat ataupun di “lapak” yang sahabat buat di marketplace seperti tokopedia atau bukalapak dan lain-lain, sahabat bisa screenshot testimoni di marketplace tersebut dan masukan ke dalam website sahabat atau media sosial sahabat, namun jika sahabat ingin lebih efektif buatlah banner marketplace sahabat di website namun di arahkan ke marketplace. Testimoni ini biasanya ada yang diminta, ada juga yang tanpa diminta oleh si penjual. Seorang pembeli setelah bertransaksi diharuskan untuk menulis testimoni agar menarik dan dipercaya bahwa bisnis online yang sahabat jalankan.

Jika sahabat memiliki website bisa juga membuat halaman khusus testimoni pembeli. Setiap orang bisa menulisnya langsung di website sahabat. Ini tentu saja akan memudahkan bagi orang yang sudah membeli produk sahabat, dan yang terpenting testimoni tersebut bisa dilihat juga oleh pengunjung website sahabat.

2. Alami

Sebagai penjual, boleh saja sahabat meminta buyer untuk membuat testimoni. Akan tetapi jangan sampai sahabat memaksa kepada mereka untuk menulis hal-hal yang positif dan berlebihan. Biarkanlah testimoni diisi oleh buyer dengan menggunakan bahasa mereka sendiri. Bukan bahasa sahabat sebagai penjual.

Testimoni berlebihan justru akan memberikan dampak buruk terhadap citra bisnis sahabat. Bukan tidak mungkin calon pembeli yang membacanya akan menebak bahwa testimoni tersebut palsu. Menjaga testimoni agar tetap original, bukan saja memberi efek baik terhadap bisnis tapi juga menghindarkan sahabat melakukan pembohongan publik. ingat pembeli sekarang sudah sangat pintar hanya searching semua terbaca atau terindex.

3. Kata dari mulut

Testimoni bukan hanya yang berupa tulisan. Testimoni dari mulut ke mulut juga bisa memberikan efek yang luar biasa. Bahkan testimoni jenis ini akan lebih ampuh mempengaruhi orang lain. Jika sahabat memasuki rumah makan nasi padang, mungkin pernah melihat tulisan “Jika sahabat puas beritahu teman-teman, Jika tidak puas silahkan beri tahu kami”. Memang, testimoni mulut ke mulut tidak mudah didapatkan.

Testimoni kata dari mulut ini lebih bersifat alami, efek kepuasan pembeli atas pelayanan dan produk sahabat membuat mereka menceritakan kepada orang-orang terdekat. Oleh sebab itu berikanlah pelayanan dan kualitas yang sesuai.

Dalam bisnis online start up, membangun kepercayaan dengan menggunakan testimoni sudah terbukti sangat efektif dan menjadi hal yang penting dalam bisnis online/toko online.

Jika sahabat ingin berbisnis online namun tidak memiliki produk sahabat bisa menjual produk dari

odijup.com (Distributor manset muslimah)/produknya jarang pemain jadi sangat lebar untuk mencari keuntungannya.

Komentar dengan 💗 di 👇🏾