Strategi Pemasaran modern -Strategi pemasaran jitu

by Agustus 23, 2017
BISNIS BLOG 0   71 views 0

Dalam strategi pemasaran di era modern yaitu era digital yang perlu sahabat perhatikan yaitu Target yang sesuai yang paling utama itu harus sesuai. Dalam hal ini ngotik akan membahasnya dalam strategi pemasaran modern.

Strategi Pemasaran modern

TARGET MARKET (TARGETING)


sahabat harus melihat apakah suatu segmen potensial memiliki karakteristik yang secara umum menarik seperti ukuran, pertumbuhan, profitabilitas, skala ekonomi, resiko yang rendah dan lain-lain.
Pengertian dari targeting itu sendiri merupakan sebuah sasaran, siapa yang dituju. Dalam menentukan targeting maka dilakukan beberapa survey untuk dapat mengetahui keadaan pasar nantinya, agar ketika proses pemasaran tidak salah sasaran. Dalam kegunaannya saya biasanya untuk dunia digital memakai sosial media khususnya memakai facebook ads karena sahabat dapat menarik orang yang memang benar-benar mereka suka atau yang disebut interest.

PENETAPAN POSISI PASAR (Posititioning)


Positioning adalah image atau citra yang terbentuk di benak seorang konsumen dari sebuah nama perusahaan atau produk. Posititioning adalah bagaimana sebuah produk dimata konsumen yang membedakannya dengan produk pesaing. Dalam hal digital pun sahabat bisa menggunakan facebook ads juga untuk membangun awareness.

Kotler, Kartajaya, Huan dan Liu, 2003 menyatakan ada empat kriteria yang dapat dilakukan perusahaan untuk menentukan positioning.

 

  1. Kajian terhadap konsumen (cutomer): Disini positioning harus mendeskripsikan value bagi konsumen karena positioning mendeskripsikan value yang unggul. Selain itu positiong merupakan penentu penting bagi konsumen pada saat memutuskan untuk membeli produk atau jasa.
  2. Didasarkan atas kajian pada kapabilitas perusahaan (company) : Disini positioning harus mencerminkan kekuatan dan keunggulan kompetitif perusahaan.
  3. Didasarkan atas kajian pada pesaing (competitor) : Disini positioning harus bersifat unik, sehingga dengan mudah dapat mendiferensiasikan diri dari para pesaing.
  4. Didasarkan atas kajian terhadap perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis (change) : Dikatakan bahwa positioning harus berkelanjutan dan selalu relevan dengan berbagai perubahan lingkungan bisnis.

SEGMENTASI (SEGMENTING)


Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾