Strategi pemasaran Online di bulan Ramadhan- Meningkatkan penjualan

by Mei 3, 2018
BLOG DIGITAL MARKETING 0   47 views 0

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling di rindukan bagi umat muslim dunia termasuk di Indonesia yang mayoritas muslim terbanyak. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan dan bulan dimana kitab suci Al-Quran diturunkan. Bulan Ramadhan juga merupakan bulannya belanja (Shopping).

Ada beberapa sebab mengapa hal ini terjadi.

  1. Saat bulan ramadhan menjelang lebaran umumnya para karyawan atau pekerja sudah mendapatkan uang THR (tunjangan hari raya).
  2. Berkeinginan pulang kampung dengan membawa oleh-oleh dan sebagainya

Wajar jika bulan Ramadhan menempati posisi teratas karena budaya berbelanja di bulan Ramadhan sudah menjadi tradisi dan didorong oleh adanya penghasilan tambahan bagi pekerja yaitu tunjangan hari raya (THR).

Gambar:Google Internat Data 2017

Bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan di bulan ramadhan, berikut ini Insight yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan Anda:

A.Orang mencari atau membeli produk untuk kebutuhan Ramadhan, mudik dan Idul Fitri sudah di mulai di 2 minggu sebelum Ramadhan

B.Faktor pendorong kenapa orang belanja online di bulan Ramadhan adalah adanya diskon besar, situs belanja terpercaya seperti tokopedia, bukalapak dan sebagainya biasanya memberikan diskon besar hingga gratis ongkir (Ongkos Kirim).

marketplace lokal

C.Barang yang dibeli online selama bulan Ramadhan dengan persentase paling besar adalah fashion, personal care, gadget dan makanan

Baca juga artikel:Ide pekerjaan pekerjaan penghasil uang dari rumah

 

D.Marketplace paling banyak digunakan antara lain:

 

E.Orang yang berpuasa di bulan ramadhan, termasuk saya sendiri menghabiskan waktu paling banyak di Gadget atau smartphone

5  point di atas yang saya kira penting untuk para pedagang online atau marketer yang wajib di ketahui. Nah setelah kita analisa perilaku orang berdasarkan insight di atas maka saran strategi pemasaran di bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan campaign untuk membangun brand awareness dengan konten konten menarik yang edukatif dan hubungkan produk yang dijual dengan momen Ramadhan
  2. Jangan kaku menggunakan satu channel pemasaran saja, maksimalkan semua social media seperti Facebook, Instragram dan Youtube, SEO,SEM (Adwords), Marketplace dan lain lain. Tapi jika anda masih pemula cukup fokus disatu channel saja saya sarankan di marketplace.
  3. Cari produk yang cocok dan benar-benar dicari market di Bulan Ramadhan. Lakukan riset dan analisa yang realtime dan mendalam dengan mengunjungi marketplace seperti tokopedia ,bukalapak dan sebagainya dan jangan lupa kunjungi yang offline seperti di mall atau pasar tradisional.

Semoga artikel ini membantu anda untuk meningkatkan penjualan,Jangan lupa comment dan share terima kasih.

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.