Strategi negosiasi dan teknik melobi seseorang

by Juli 11, 2017
BLOG BUSINESS 0   294 views 0

Bisnis atau kerja pasti memerlukan teknik negosiasi atau teknik melebi seseorang. Artikel negosiasi ini ngotik.com akan jelaskan karena negosiasi ilmu yang berpaduan skill dan seni. Karena itu Anda perlu menyimak atau memahami artikel negosiasi ini.

 

artikel negosiasi

Apa itu negosiasi

Negosiasi adalah sebuah proses dimana dua pihak atau lebih melakukan pertukaran barang atau jasa dan berupaya menyepakati nilai tukarnya. Negosiasi juga merupakan Proses komunikasi antara dua orang atau lebih guna mengembangkan solusi terbaik yang paling menguntungkan bagi pihak-pihak yang terlibat.

Hasil terbaik dalam bernegosiasi adalah win-win bukan win-lose atau lose-lose

3 hal yang perlu dipahami dalam bernegosiasi


  1. Jangan bertele-tele : Negosiator andal lazimnya memiliki sejumlah skenario yang sudah dirancang sebelumnya, dengan memperhitungkan tawaran dan langkah-langkah lawan agar dapat deal dalam suatu project.
  2. Objektivitas negosiasi : Negosiasi bukanlah soal menang atau kalah, apalagi menghancurkan pihak lawan. Jadi, jangan sampai masalah emosi dan ego membuat kita merasa seolah-olah berada di posisi tawar yang lebih rendah atau lebih tinggi. Fokuskan pikiran pada tujuan negosiasi. Jangan sampai keberhasilan kita bernegosiasi malah menimbulkan “kerugian” di sisi lain yang sangat mahal harganya. Misalnya, pascanegoisiasi, si negosiator malah mendapat musuh baru. Negosiator yang ulung biasanya selalu berhasil mencapai tujuannya, tanpa musuhnya menyadari bahwa mereka berhasil dibawa ke titik kompromi.
  3. Memisahkan pokok permasalahan : Jangan sampai masalah-masalah kepribadian merintangi proses negosiasi yang sedang berjalan. Tak heran, perusahaan-perusahaan besar biasanya selalu menyiapkan negosiator mereka dalam sebuah tim yang terdiri dari sejumlah personel yang memiliki keahlian berlapis-lapis. Tujuannya, jangan sampai ada konflik kepribadian dengan proses negosiasi.

Dalam bernegosiasi etika itu sangat penting dan harus di garis bawahi. Negosiator handal atau professional selalu dapat merebut hati rekan bisnisnya.

Baca juga:

Belajar internet marketing tahap dasar atau pemula

1 Tips agar negosiasi berjalan dengan baik

Melakukan riset lawan bicara :

Dalam hal ini Anda harus tau latar belakang rekan bisnis Anda seperti kesukaan atau hobby rekan Anda dan contoh

misalnya:

Jika Anda tau bahwa lawan bicara Anda suka bernyanyi Anda ajak lah untuk ber karaoke agar mereka lebih nyaman dan senang. Anda dapat negosiasi saat itu karena waktu yang tepat untuk bernegosiasi saat calon rekan Anda nyaman bersama Anda.

 

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾