Sosial media merubah gaya hidup

by Oktober 16, 2017
BLOG SOSIAL MEDIA 0   58 views 0

Sosial Media adalah media yang digunakan sebagai wadah bagi penggunanya untuk saling berinteraksi secara online. Di media sosial anda dapat berinteraksi dengan pengguna lain yang berbeda negara atau pun benua. Pada intinya media sosial digunakan hanya untuk berinteraksi atau berkomunikasi. Di zaman sekarang orang tidak lepas dari media sosial ibarat sudah menyatu dalam tubuh seperti kecanduan begitu (semoga kita tidak termasuk) namun disisi lain media sosial dapat digunakan sebagai alat beriklan seperti Facebook ads dan Instagram ads namun banyak sekali media sosial digunakan sebagai alat digunakan untuk menyebarkan berita bohong atau disebut Hoax.

Orang yang pintar dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mempermudah hidupnya, memudahkan dia belajar, mencari kerja, mengirim tugas, mencari informasi, berbelanja, dan sebagainya. Media sosial menambahkan kamus baru dalam pembendaharaan kita yakni selain mengenal dunia nyata kita juga sekarang mengenal “dunia maya”. Dunia bebas tanpa batasan yang berisi orang-orang dari dunia nyata. Setiap orang bisa jadi apapun dan siapapun di dunia maya. Seseorang bisa menjadi sangat berbeda kehidupannya antara didunia nyata dengan dunia maya, hal ini terlihat terutama dalam jejaring sosial.

Berikut adalah lima hasil observasi dan prediksi dari ahli dari Global Agenda Council mengenai fakta medsos telah mengubah dunia :

 

  1. Media Sosial “Wajib dimiliki” = Menurut Claire Wardle dari Pusat Penentu Jurnalisme Digital, dalam tujuh tahun terakhir, media sosial telah mengubah berbagai hal. Misalnya saja, media sosial dipakai untuk digital marketing atau saluran komunikasi bagi layanan pelanggan.
  2. Platform media sosial akan merubah perbankan  =Media sosial menjadi sebuah platform yang juga dipakai di sektor perbankan. Sama seperti di atas, media sosial mengubah cara komunikasi di dunia perbankan. Mulai dari memperbaiki layanan pelanggan hingga memungkinkan pengguna mentransfer uang melalui online platform. Tidak hanya itu, perusahaan teknologi finansial juga menggunakan medsos untuk membantu orang lain membuka rekening.
  3. Medsos Mengubah Komunikasi Pemerintah dengan Warga =Partisipasi dan keterlibatan warga sipil di media sosial telah menjadi sumber gagasan, rencana, dan inisiatif bagi pemerintah. Lewat medsos juga, banyak pemimpin daerah berkomunikasi dan merangkul warganya. Selain itu, mereka juga membuat membuat pemerintahan jadi lebih transparan.
  4. Media Sosial Memudahkan Masyarakat Merespon Bencana = Media sosial ternyata juga memudahkan masyarakat merespons bencana. Hal ini salah satunya ditunjukkan Facebook melalui fitur Safety Check. Dengan fitur ini, pengguna Facebook yang ada di sekitar wilayah bencana bisa saling memberitahukan kondisi mereka. Selain itu berbagai platform media sosial lainnya juga menjadi jembatan komunikasi saat terjadinya bencana, termasuk jadi saluran komunikasi untuk memberi bantuan.
  5. Medsos Bantu Layanan Kesehatan =Medsos juga bisa membantu pasien tetap terhubung dengan pihak-pihak yang bisa menjawab pertanyaan mereka seputar kesehatan. “Media sosial telah memberikan hal baik pada kesehatan seseorang atau pun masyarakat, terutama membuat orang bisa berbagi informasi dengan cepat,” kata Lee Aase dari Mayo Clinic Center for Social Media and Social Media Health Network.

Media sosial mengubah cara berkomunikasi dan murubah orang berbisnis ,mengubah komunikasi pemerintahan dan mengubah prilaku masyarakat pastinya. Maka dari itu gunakan media sosial sebaik-baiknya dalam kehidupan di dunia maya.

Komentar dengan 💗 di 👇🏾