Sebelum membuka toko online sebaiknya pelajari dulu bisnis online

by Februari 21, 2018
BLOG BUSINESS 0   101 views 0

Banyaknya masyarakat mulai mengembangkan usahanya dengan membuka toko online. Selain Anda tidak perlu membayar sewa tempat layaknya saat Anda memiliki toko offline, dengan toko online justru Anda dapat mengeruk jutaan customer hanya dari rumah. Namun jika tidak ada perencanaan yang matang dalam menjalankan bisnis online ini, dengan waktu singkat, usaha Anda akan cepat gulung tikar. Untuk itu, Anda harus belajar bagaimana cara jualan online dengan baik. 

Baca juga artikel:Mendongkrak Toko Online dengan SEO

Sebelum Anda melangkah lebih jauh untuk membuat toko online, maka Anda wajib mengetahui alurnya terlebih dahulu harus merubah mindset terlebih dahulu karena dalam bisnis online berbeda dengan offline. Berikut adalah poin-poin yang sangat penting:

bisnis online

PERENCANAAN BISNIS

Sebelum Anda melangkah membuat toko online, terlebih dahulu luangkan waktu Anda untuk menyusun rencana bisnis secara rinci. Apakah Anda berencana mendapatkan dana bantuan dari investor atau pun meminjam di BANK syariah? Hal ini tentunya akan membantu Anda merencanakan langkah-langkah yang akan Anda perlukan untuk membuat toko online Anda. Maka untuk mengetahui biaya operasi Anda, perlu dilakukan pemetaan strategi pemasaran. 

APA YANG INGIN ANDA JUAL

Jika Anda ingin memulai bisnis online dengan membuat toko online, tentu Anda sudah pasti memiliki gambaran produk atau jasa yang akan Anda  ingin jual secara online. Tidak selalu produk offline jika dijual mendapatkan respons yang sama ketika dijual secara online. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan dengan matang dan menangkap peluang pasar, sebelum akhirnya menjual produk Anda secara  online. Langkah ini merupakan cara berjualan online yang sukses membuat toko online Anda beromzet jutaan hingga ratusan juta rupiah. 

NICHE MARKET

Niche Market sendiri adalah pemilihan segmen pasar yang khusus menyediakan item sejenis. Niche market ini dimaksudkan untuk mendapatkan kepuasan dari customer  dan digunakan dengan tujuan memperkecil persaingan pasar dan mempermudah calon customer menemukan produk Anda. Intinya, Anda harus mengetahui apa yang membedakan toko online Anda dengan kebanyakan toko online lainnya. 

Sebagai contoh:

Misalnya, Cristiano Ronaldo adalah pesepak bola terbaik dunia, setelah memutuskan gantung sepatu untuk berhenti menjadi atlet, dirinya berbisnis berbagai alat kelengkapan olahraga.

 

Maka hal ini adalah cara jualan online shop terbaik yang membuat bisnis online Anda meraup banyak untung. Untuk itu, sebelum membuka online shop perhatikan niche apa yang anda ingin jual.Seperti hal nya traveloka menjual produk tiket hotel dan pesawat. memiliki 1 niche yaitu menjual produk yang bertujuan untuk travelling (ingin berlibur).

Ya, begitu saja sih yang bisa saya jelaskan di artikel ini. Cukup panjang juga ya ternyata? It’s oke, semoga Anda tidak bosen dengan tulisan saya ya. Dan tentunya semoga bermanfaat, jangan lupa comment dan share jika artikel saya bermanfaat karena akan menjadi ladang pahala untuk kita semua!

Komentar dengan 💗 di 👇🏾