Uji Prototipe Koneksi 5G-Operator telekomunikasi US

by Juni 30, 2017
BISNIS 0   136 views 3

Verizon bekerja sama dengan perusahaan Swedia ,Ericsson, untuk mengembangkan infrastruktur 5G secara luas

Sejak menawarkan data LTE yang tak terbatas di jaringannya. Operator telekomunikasi Amerika serikat verizon sepertinya bersemangat menghadirkan teknologi terbaru nya 5 G dalam tahap prototipe untuk penggunaan mobile dan stasioner.

Selain menghabiskan dana yang sangat besar untuk spektrum nirkabel baru. Dikutip dari laman GSM Arena, Verizon bekerja sama dengan perusahaan yang berbasis di Swedia, Ericsson, untuk mengembangkan infrastruktur 5G secara luas.

Dalam uji coba, antena 5G dipasang pada mobil balap dan throughput (kecepatan transfer) terus dipantau hingga kecepatan 5+ Gbps dengan kecepatan lebih rendah sekitar 1+ Gbps. Kecepatan download puncak dilaporkan 6Gbps. 

Kecepatan yang dicapai dalam uji coba tersebut diperkirakan tidak akan terealisasi saat nantinya 5G secara komersial diluncurkan. Untuk saat ini, tes tersebut menunjukkan bahwa Verizon serius dengan 5G-nya, demikian dikutip dari Antara.

Namun tidak kalah keren nya operator indonesia Telkomsel  juga melakukan uji coba teknologi seluler yang diklaim pertama kali di Indonesia dengan kecepatan akses lebih dari 1 Gigabyte per detik (Gbps).

Meski diperkirakan layanan teknologi seluler 5G baru dioperasikan pada tahun 2020, namun Telkomsel sudah siap dan terus membangun infrastruktur sebagai pelopor industri seluler di Tanah Air. 

Dengan menggandeng Huawei uji coba ini menggunakan teknologi yang menggabungkan antena 4-4 Multiple-Input Multiple-Output (MIMO), modulasi 256-Quadrature Amplitude Modulation (QAM) dan LTE Licensed-Assisted Access (LAA).

Teknologi LAA memungkinkan penggunaan spektrum unlicensed 5.8 GHz sebagai spektrum tambahan di samping spektrum LTE utama untuk meningkatkan kecepatan akses data. 

86 posts

Saya lahir di JAKARTA (ASLI BETAWI). Seorang Blogger, Editor Vidio, Desainer grafis , Pedagang online, Digital Marketer, Content Creator dan Publisher

Komentar dengan 💗 di 👇🏾