Perubahan di era konektivitas

by Juni 14, 2017
BLOG DIGITAL MARKETING 0   73 views 0

Kehadiran internet terhadap brand


Kehadiran internet telah mengubah cara pandang pelanggan terhadap brand. Dahulu pelanggan mengikuti apa yang dikatakan brand, namun kini dengan kehadiran internet, jangan coba-coba membohongi pelanggan karena reputasi akan sangat merosot jika pelanggan berfikis negatif terhadap brand. Dengan hanya berselancar di search engine seperti mbah google mereka para pelanggan mendapatkan pengetahuan dari berbagai sumber dari mana pun.

Keadaan akan menjadi rumit jika customer membicarakan dan mengulas produk kita jika produknya buruk di internet, dengan begitu penjual atau pun produsen harus lebih mementingkan kualitan jangan hanya mementingkan kuantitas.

Memang benar kehadiran internet bagi pelanggan dan penjual atau produsen lebih luas. Pelanggan lebih leluasa dalam mencari informasi. Bagi penjual atau produsen lebih leluasa memasarkan produk.

Baca juga: Mengupas tentang facebook ads

Perusahaan Internet


Semua perusahaan internet dari mesin pencari (Search engine) seperti Google, sampai media sosial seperti facebook, twitter, instagram, youtube. bahkan snapchat dan path menawarkan layanan beriklan (Ads) kepada penggunanya.

Dengan tingginya pengguna internet di Indonesia menjadi ladang yang besar untuk perusahaan di bidang teknologi khususnya media sosial, marketplace, e-commerce dan lain-lain. Alhasil dunia digital diprediksi akan menjadi  media masa depan bagi konsumen maupun brand. Namun, di ingat kendali dalam dunia digital bukan lagi dimiliki oleh , melainkan konsumen.

Bagaimana Offline


Iya peran offline tidak kalah penting karena sudah sejak lama sebelum online ada offline menjadi primadona dengan promosi memakai banner, spanduk, brosur. Offline berguna untuk  pelanggan mempercayai terhadap jualan online sahabat tanpa perantara ya bukan marketplace sepeti tokopedia, kalau tokopedia sudah pasti aman karena mereka sebagai perantaranya yang dimaksud saya seperti pelanggan lebih mempercayai jualan sahabat lebih memperkuat kepercayaan pelanggan. Dengan berpaduan Online + Offline akan lebih cepat closing.

 

Semua untuk pelanggan


Perubahan karakter yang terjadi pada pelanggan telah mengubah gaya pemasaran. Belum lagi konsumen kini memegang kendali penuh dalam urusan media. Yang jelas, masyarakat kini tidak mau begitu saja dijelajahi oleh iklan atau promosi yang itu-itu saja. Dengan begitu penjual atau produsen harus lebih meng edukasi dengan soft sellingnya karena semua untuk pelanggan.

 

Meskipun dunia sudah serba teknologi, relasi antar manusia atau human to human harus dikedepankan

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾