Personal Branding yang diperlukan seorang Internet marketer profesional

by Oktober 9, 2018
BLOG DIGITAL MARKETING 0   19 views 0

Saat ini semakin banyak perusahaan yang justru memiliki program khusus untuk membantu karyawan mereka menemukan dan membangun brand mereka untuk meningkatkan interaksi, performa, kepuasan, dan retensi (engagement) . Walaupun dengan tingginya tingkat pemahaman tentang personal branding yang belum dipahami, salah pengartian akan hal ini masih kerap terjadi. Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi tentang hal paling mendasar dari personal branding, apa saja yang Anda perlu ketahui untuk menggunakan kekuatan personal branding ini bagi peningkatan karier Anda.

Saat ini personal branding sangat diperlukan sekali di zaman sekarang karena kemudahan akses Anda dapat membangun personal branding dengan mudah. Personal branding juga merupakan kombinasi unik dari keterampilan dan pengalaman Anda yang menjadikan Anda sebagai sosok yang sekarang ini. Personal branding juga bisa jadi pembeda Anda di antara jutaan bahkan milyaran sosok profesional lainnya di sekitar Anda.

Apa itu personal branding

Personal branding adalah bagaimana Anda membangun dan mempromosikan keahlian atau keterampilan Anda sebagai sesuatu identitas Anda. Anda lebih sering mendengar penggunaan istilah brand pada merek-merek ternama semacam XIOMI, SAMSUNG, LG, APPLE dan sebagainya.

Personal branding identitas

Anggapan bahwa personal branding itu tidak penting sebenarnya salah besar karena kebanyakan orang menganggap personal branding itu terlalu makan waktu dan bahkan sebagian orang bilang, personal branding itu tidak penting “Mengapa?” Memang benar bahwa demi membangun branding diri Anda, Anda perlu menghabiskan banyak waktu. Namun tentunya telah melihat bahwa di era digital ini, tantangan karir dan bisnis tak lagi sama seperti dahulu kala. Sebuah bisnis saja memerlukan website yang meyakinkan audience untuk dapat dipercaya sebagai brand bagus yang menyediakan produk atau jasa yang bagus juga.

Contoh:

Saya sendiri membuat website ngotik.com untuk membranding nama saya sendiri yaitu Audi prasetya seorang internet marketer profesional di Indonesia dengan membangun portal blog ini sangat memungkinkan nama saya dengan keahlian yang saya miliki dapat membangun personal branding untuk goal saya.

Beberapa bukti yang Anda dapat cari yaitu:

Anda dapat melihat produk-produk digital yang saya buat seperti juragan marketplace, digividio dan saya seorang internet marketer yang menjual produk client saya, Anda dapat mencari toko saya seperti fashion island , rumah manset dan sebagainya.

Tentunya, mereka melihat representasi online Anda atau data online sebagai bahan pertimbangan seleksi apakah Anda layak menjadi kandidat yang patut ataukah tidak. Mereka mungkin saja melakukan penyaringan tahap awal dengan melihat seluruh profil Anda yang tersebar secara online.

Anda akan secara berkala kehilangan peluang bisnis maupun karir Anda. Ingat saat ini era digital. Tantangan-tantangannya bukan lagi sekadar perkara Anda memiliki gelar apa, tapi bagaimana Anda merepresentasikan keahlian Anda secara global lewat dunia online.

Tips membangun personal branding

Dalam membangun personal branding. Saya jelaskan secara sederhana dan mudah di mengerti agar mudah Anda praktikkan!

  • Audit hasil penelusuran online Anda. Coba ketik keyword berupa nama Anda pada mesin telusur semacam Google , Bing dan sebagainya dan lihat hasil pencarian yang muncul. Jika ada hasil yang telusur yang tidak baik atau bahkan tak layak ditampilkan (seperti perilaku asusila, perilaku mabuk, perilaku menyinggung SARA atau penyebar Hoax) bagi publik, silakan hapus atau deactivate atau lakukan berbagai tindakan lain agar konten tersebut tak muncul lagi di Search Engine Page Result (SERP) Anda dapat bertanya kepada saya melalui kontak jika tidak mengerti.
  • Bagikan konten-konten terkait bidang atau keahlian Anda untuk memperlihatkan spesialisasi Anda. Tunjukkan visi dam misi positif Anda. Tonjolkan juga secara halus pencapaian yang telah Anda raih.
  • Tingkatkan interaksi sosial Anda secara online dengan para audiens Anda. Sapa dan beri apresiasi pada orang-orang yang menjadi target audiens Anda. Aktiflah berkomentar pada konten-konten yang dibagikan para profesional di bidang Anda. Usahakan untuk memancing diskusi lebih lanjut di setiap posting yang Anda bagikan. Hal ini menunjukkan bagaimana Anda dapat berinteraksi dengan baik dengan publik.
  • Terkait penggunaan nama bagi setiap akun media online, gunakan satu nama asli dan lengkap secara konsisten.
  • Jika Anda mengelola website buatlah konten-konten yang terkait dengan keahlian Anda. Semakin relevan topiknya, semakin baik kredibilitas Anda di mata audiens. Kepercayaan mereka terhadap kemampuan Anda bisa meningkat. Tapi, cobalah untuk melakukan sorotan terhadap data-data atau fakta-fakta yang ada. Opini sekalipun perlu didukung oleh data dan fakta.
  • Miliki banyak akun media online dan kelola semuanya secara rutin. Terutama, jika Anda merupakan seseorang yang sedang mencari pekerjaan, milikilah akun representasi karir profesional semacam LinkedIn. Gunakan keyword/kata-kata kunci pendukung yang bisa memudahkan perekrut kerja dalam menemukan profil Anda.

 

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.