Perbedaan antara SEO dan SEM untuk para pemula

by Juli 20, 2017
BLOG DIGITAL MARKETING 0   48 views 0

Mungkin dari sahabat bingung akan perbedaan SEO dan SEM dalam artikel ini ngotik akan jelaskan perbedaannya, mohon disimak.

Perbedaan Antara SEO dan SEM


SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menempatkan website pada posisi SERP (search engine result page) yang strategis sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Tujuan dari SEO sendiri adalah untuk mendatangkan traffik yang banyak menuju blog melalui posisi yang bagus di search engine. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi blog dengan keyword tertentu di search engine.

Dengan SEO biasanya website sahabat baru mendapatkan peringkat (halaman 1) setelah 3 bulan atau lebih, bahkan bisa jadi website sahabat tidak akan pernah kebagian halaman pertama karena kompetisinya sudah ketat sekali (tergantung keyword yang sahabat incar), sedangkan dengan SEM website sahabat bisa langsung tampil di halaman 1 secara instan (selama sahabat bersedia membayar).

Sedangkan SEM (Search Engine Marketing) sebenarnya hampir sama dengan SEO, SEM juga bertujuan menampilkan website pada halaman pertama google namun dengan cara yang berbeda dengan SEO. Bila SEO gratis, namun SEM berbayar. Salah satu media untuk melakukan SEM adalah google adwords. Dengan menggunakan google adwords, website sahabat akan berada pada halaman pertama google.

Dengan SEM sahabat harus terus-terusan mengeluarkan uang untuk mendapatkan visibilitas pada mesin pencari, tentu ini bukan investasi jangka panjang yang baik, sebaliknya dengan SEO walaupun lebih repot karena harus optimasi sana-sini, namun kedepannya sahabat bisa mendapatkan hasil pencarian organik terus-terusan secara gratis sehingga akan sangat menghemat budget marketing sahabat atau tanpa budget karena website sudah berada di halaman pertama.

Baca juga:

Jago jualan online,cara jualan online agar cepat laku-instagram

Mana yang lebih baik SEO atau SEM?


Sebenarnya antara SEO dan SEM tidak perlu dibandingkan mana yang lebih baik karena keduanya akan lebih baik jika dijalankan secara bersamaan. Namun sahabat bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut.

SEO

  1. Jangka panjang trafiknya
  2. Tidak perlu budget
  3. Cocok untuk semua katagori website

SEM

  1. Harus memiliki budget yang besar
  2. Jangka pendek trafiknya
  3. SEM cocok untuk toko online dan jasa

 

Semua tergantung pada kebutuhan masing-masing, apakah sahabat ingin hasil cepat? Atau sahabat ingin hasil yang sedikit lebih lama namun lebih hemat? Jika sahabat ingin mempromosikan sebuah website atau situs yang masih baru, SEM dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun untuk jangka panjang, tentu SEO adalah pilihan yang jauh lebih baik (dengan biaya yang lebih sedikit pula bahkan tanpa biaya).

Komentar dengan 💗 di 👇🏾