Pengertian Hardware dan fungsinya dalam dunia komputer

by Maret 5, 2018
BLOG HARDWARE 0   63 views 0

Hardware dalam bahasa Indonesia juga disebut dengan perangkat keras. Fungsi hardware yang utama adalah menerima input, melakukan pengolahan data, serta menghasilkan output dan juga penyimpanan.

Pengertian Hardware dan fungsinya

Hardware adalah Semua bagian dari fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Atau secara garis besar hardware adalah komponen yang menyusun sebuah komputer dimana komponen – komponen tersebut dapat dilihat dan disentuh secara fisik. 

Fungsi hardware yang utama adalah menerima input, melakukan pengolahan data, serta menghasilkan output dan juga penyimpanan.

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan padanya atau yang disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah yaitu user(Pengguna).

Contoh hardware dan fungsinya

    1. CPU (Central Processing Unit) atau disebut prosesor

      Komponen berupa chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan pengendali proses kinerja computer, dengan dibantu komponen lainnya. Satuan kecepatan prosesor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz). Semakin besar nilainya, semakin cepat proses eksekusi pada komputer
      Fungsi:Tempat mengatur semua instruksi program pada komputer dan sebagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.prosesor adalah

    2. Power supply

      Berupa tempat tegangan listirik yang menempel pada bagian belakang setiap casing komputer dan memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware.
      Fungsi:Mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut ke komponen yang membutuhkan arus dan tegangan.power supply adalah

    3. Harddisk

      Komponen yang berbentuk persegi empat yang berisi platter atau piringan yang mirip dengan piringan hitam, head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lainnya, yang dilapisi atau dibungkus oleh casing yang kuat.
      Fungsi:Media penyimpanan operation system (OS) yang digunakan pada komputer,Media penyimpanan semua data dalam kapasitas yang besar pada komputer.

      HARDISK ADALAH

    4. Ram

      Suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random).

      Fungsi RAM adalah mempercepat pemeprosesan data pada PC (Personal computer). Semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat pula komputer tersebut. RAM bisa mempercepat kinerja dari komputer, sebab RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer. Dalam menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat loading data serta program yang diakses.

      Bentuk RAM pada PC secara fisiknya yaitu seperti rangkaian elektronik semacam chip. Untuk memasan.ram adalah

    5. VGA CARD

      Sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer.

      tadi tips untuk kalian yang akan membeli kartu grafis. Semoga bermanfaat ya. Pesan Jaka, jadilah pembeli yang cerdas, pastikan kalian memperhatikan spesifikasi teknis dari kartu grafis yang akan kalian beli serta jangan lupa sesuaikan dengan budget kalian.

Banyak sekali contoh hardware dalam komputer seperti : Mouse, keyboard, monitor dan masih banyak lagi lebih jelasnya lihat contoh dibawah ini

Contoh dari hardware itu sendiri yakni :

 
  1. Perangkat Input (Masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard, joystick, touchpad, light pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
  2. Perangkat Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor.
  3. Perangkat Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Contohnya seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor, plotter dan sebagainya.

Hal ini anda harus pelajari agar tidak terjadi suatu kekeliruan seperti hal nya orang sebut casing itu adalah sebuah CPU karena kurang paham masyarakat dalam hal ini semoga artikel ini dapat membantu anda lebih baik.

Komentar dengan 💗 di 👇🏾