Pengaruh kecepatan website terhadap SEO

by Januari 5, 2019

Di artikel sebelumnya saya sering sekali membahas tentang SEO (Search Engine Optimization). SEO bukan ilmu hanya sekali belajar bukan ilmu yang tidak berkembang melainkan ilmu yang sangat maju perkembangannya dikarenakan mengikuti algoritma mesin pencarian yang sering berubah-ubah dan sebagai seorang pemilik website wajib hukumnya untuk mengikuti kemajuan tersebut.

Di dalam artikel ini saya akan jelaskan tentang pentingnya kecepatan website terhadap seo dan agar sukses di dunia online karena ilmu ini dapat diterapkan dalam bisnis online seperti di dalam Anda berjualan di marketplace atau pun yang lainnya yang berhubungan dalam dunia online.

Pengaruh kecepatan website terhadap SEO

Namun sayangnya banyak sekali para blogger serta pelaku usaha dalam bisnis online yang belum paham pentingnya SEO dan ada juga yang sudah paham namun ingin instan untuk dapat artikel yang mereka miliki masuk dalam halaman pertama search engine seperti melakukan scraping artikel atau pun yang lainnya yang tidak mengedepankan SEO.

Apakah SEO saja cukup ?…

Kalau menurut saya SEO saja tidak cukup dikarenakan cara tersebut untuk mesin bukan human jadi kita sebagai penulis atau blogger harus mengedepankan para pembaca bukan hanya mesin saja, maka dari itu para Blogger Indonesia harus mengedepankan perihal tersebut agar website atau blog nya ramai dengan para pembaca.

Seberapa penting kecepatan website?…

Di dalam judul sudah tertera penting namun seberapa penting kecepatan website untuk sukses online jawabannya yaitu sangat lah penting.

Alasan mengapa sangatlah penting kecepatan website?…

Alasan mengapas audi prasetya (penulis) memberikan jawaban sangatlah penting kecepatan website untuk sukses online karena percuma sekali jika judul Anda menarik dan terdapat dihalaman pertama search engine namun website Anda sangat lama sekali dalam membuka artikel tersebut.

Perkembangan teknologi sekarang ini telah berkembang pesat dalam waktu yang relatif singkat saat ini saja akan segera hadir 5G sebelum nya 4G, teknologi internet sangat lah maju saat ini untuk memanjakan kita dalam mengakses agar lebih cepat namun perkembangan tersebut akhirnya juga mengharuskan setiap website di optimasi dari segi kecepatan jika tidak ingin kehilangan banyak pengunjung yang datang kedalam website. Hal itu dikarenakan setiap pengunjung website tentu ingin mendapatkan informasi dengan instan dan cepat.

Apa saja yang mempengaruhi kecepatan pada website

1.Hosting mempengaruhi kecepatan pada website

Sebelum Anda membeli sebuah paket hosting sebaiknya Anda baca terlebih dahulu apa itu cloud hosting atau shared web hosting tradisional.

Sumber: Dewaweb.com

Apa itu shared web hosting treadisional

Shared Web Hosting Tradisional

Di dalam penjelasannya saya akan mengutip dari blog dewaweb yang merupakan penyedia jasa cloud hosting Indonesia yang murah dan berkualitas serta pelayanan nya yang terbaik di kelasnya. (Joe, 2013, https://www.dewaweb.com/blog/cloud-hosting-vs-shared-hosting-tradisional/, 23-mei-2013)

Shared Web Hosting Tradisional

Pada penyedia jasa layanan web hosting tradisional, website Anda di hosting kan pada sebuah mesin server. Hal ini memang murah dan cocok bahkan bagi yang memiliki budget kecil sekalipun.  Pada dasarnya anda bisa mendapatkan jasa layanan shared hosting dengan biaya bahkan kurang dari $1/bulan di luar sana.  Namun demikian, menggunakan account shared hosting seperti ini juga berarti anda sebenarnya berbagi-pakai sumberdaya mesin server yang sama dengan beberapa pengguna account shared hosting yang lain.  Website anda pada dasarnya menggunakan sumberdaya mesin server yang sama dengan yang digunakan oleh website-website lainnya yang di-hosting-kan pada mesin server tersebut, yakni CPU, RAM, kapasitas disk, bandwidth dll.  Mesin-mesin server yang menjalankan account-account shared hosting seperti ini pada umumnya selalu penuh.  Jika ada salah satu website yang membebani server tersebut, maka seluruh pengguna server tersebut akan merasakan dampaknya yakni kecepatan loading website yang menurun, kinerja yang buruk atau bahkan kegagalan server secara menyeluruh (server down).

Web hosting tradisional yang mengandalkan sistem server tunggal seperti ini juga mudah sekali untuk mengalami masa kegagalan server (server downtime) yang lebih lama oleh karena perbaikan /kegagalan hardware (motherboard yang rusak, CPU, RAM, harddisk, power supply, dll) yang bisa memakan waktu hingga berjam-jam (ini kalau seandainya sang penyedia jasa layanan hosting tersebut menyediakan stok cadangan untuk perlengkapan server bersangkutan) dan bahkan hingga berhari-hari (jika sang penyedia jasa layanan hosting tidak punya stok cadangan dan terpaksa harus memesan terlebih dahulu kepada vendor).

Cloud Web Hosting

Pada sistem cloud hosting, website anda di-hosting-kan pada serangkaian server-server yang saling berhubungan satu sama lain dan berfungsi sebagai satu kesatuan.  Anda tidak harus bergantung pada satu mesin server saja – jika salah satu mesin server rusak, mesin server lainnya akan segera mengambil alih dengan jeda waktu yang singkat saja sehingga masa kegagalan server (server downtime) menjadi amat minimal.

Website anda mendapatkan alokasi sumberdaya yang dikhususkan (CPU, RAM dan kapasitas disk) yang tidak dibagi-pakai dengan pengguna lainnya.  Jika situs anda mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak dan membutuhkan sumberdaya yang lebih lagi, anda bisa dengan mudah melakukan upgrade ke paket hosting yang lebih baik dengan jumlah sumberdaya yang lebih banyak.  Jika salah satu pengguna melebihi batas penggunaan sumberdaya yang sudah dialokasikan untuknya, maka hanya website sang pengguna bersangkutan sajalah yang akan mengalami penurunan performa/tidak bisa di-load.  Pengguna-pengguna lainnya beserta website-website lainnya tidak akan terpengaruh sama sekali.  Penggunaan sumberdaya diantara para pengguna di sistem cloud akan menjadi adil dan dibatasi antara satu dengan yang lainnya.  Hal ini tentu saja akan mencegah penyalahgunaan penggunaan sumberdaya oleh pengguna itu sendiri atau oleh pengguna yang lain.

2.Plugin’s dan widget

Anda pengguna wordpress tidak akan asing lagi dengan Pluqin dan banyak sekali pluqin yang bisa Anda dapatkan secara gratis ataupun berbayar namun perlukan kita akan semua pluqin tersebut?…Tentu saja tidak karena pluqin sendiri merupakan tambahan , jika Anda menggunakan pluqin terlalu banyak kemungkinan besar website Anda akan menjadi Loading terlalu lama atau istilah gaul nya LoLa (Loading Lama) maka dari itu gunakan pluqin seperlunya saja.

Widget pun sangat lah berpengaruh dalam kecepatan website Anda seperti kasus saya dahulu yaitu menggunakan blogger atau (dot) blogspot karena dulu saya kurang memahami SEO maka saya menggunakan widget seperti penggunakan animasi untuk menghias blog saya.

3.Gambar

Dalam membuat konten yang Anda sisipkan gambar sebaik nya terlebih dahulu melihat ukuran gambarnya karena jika terlalu besar website Anda akan semakin loading terlalu lama.

Kesimpulan

Jika Anda ingin artikel Anda berada di search engine gunakan SEO namun jangan melupakan human atau para pembaca sediakan konten yang berkualitas agar pembaca nyaman dan berikan pelayanan yang terbaik yaitu dengan memberikan website yang cepat. Jika Anda ingin membuat website sebaiknya gunakan penyedia hosting dan domain terbaik yaitu di Dewaweb yang merupakan jasa penyediaan hosting berbasis cloud hosting terbaik di Indonesia. #Fasterhosting

Sekian artikel ini, semoga para pembaca nyaman dalam membaca dan dapat bermanfaat untuk Anda semua. “Sukses untuk kita semua, terus belajar, bekerja dan berdoa”.

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.