Cara meningatkan penjualan di instagram

by Januari 10, 2018

Menggunakan Instastory dan story highlights untuk meningatkan penjualan di instagram – Sosial media saat ini berkembang dengan cepat dan juga banyak fitur-fitur yang ditambahkan, nah kali ini instagram sudah memiliki instastory. Dengan menggunakan instastory konten visual ini sangat digandrungi masyarakat dunia, khususnya anak muda zaman sekarang (zaman now).

Jika instagram anda memiliki banyak followers anda sangat besar memiliki peluang untuk mendapatkan uang. Maka peluang kita untuk sukses sangatlah besar. Banyak sekali para pembisnis online menggunakan instagram untuk berjualan apalagi jika produknya adalah untuk kalangan anak muda. Sangatlah besar peluangnya. Teman saya memiliki followers hingga 200k dan dia berjualan tas yang di desain olehnya dan dia setiap hari mendapatkan orderan terus menerus dari instagramnya. Ini baru bermain di produk lokal, belum masuk yang kelas dunia. Ini membuktikan bahwa Instagram sangatlah besar peluangnya (powerfull) untuk berjualan atau mempromosikan suatu produk dan jasa.

Apalagi dengan fitur baru di Instagram yaitu Instagram Stories (Insta Story) dan story highlights. Pastinya anda sudah mengetahuinya, insta Story adalah fitur berbagi foto dan video di Instagram sama dengan yang fitur sekarang yaitu story highlights , namun bedanya Instastory ada batas durasi nya kurang lebih 24 jam berbeda dengan highlights yang berdurasi lebih lama dan akan muncul di bawah bio anda

Contohnya:

Untuk story instagram Setelah melewati batas waktu tersebut, konten akan hilang dan tidak ada lagi. Melainkan akan tampil di bagian atas Instagram. Akan tetapi pengguna masih bisa mengirim pesan kepada pengunggah atau istilah gaulnya DM(Direct Messenger). Pesan dari Insta Story ini juga secara otomatis akan masuk ke folder inbox si pengunggah.

Dengan adanya fitur ini, para penjual online bisa lebih mudah untuk berinteraksi dengan calon pelanggan. Anda juga bisa membagikan sebanyak mungkin konten tanpa mengganggu para followers karena tidak akan tampil di timeline atau kabar berita.

Insta Story berada di bagian atas, tidak masuk ke timeline atau kabar berita. Mayoritas pelanggan juga lebih tertarik mencari online shop yang memberikan service terbaik, selalu cepat merespon pesan atau komentar dan menjalin sebuah relasi yang baik dengan calon pelanggan. Keberadaan fitur Insta Story ini tentu bisa membantu penjual untuk memahami keinginan dan kebutuhan seorang pelanggan. Untuk lebih memaksimalkan fitur ini, pastikan konten yang akan diunggah mampu meningkatkan citra dan brand onlineshop anda

Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga harus Anda perhatikan untuk memanfaatkan fitur Insta Story.

1. Mengunggah Konten produk

Dengan fitur Insta Story, Anda bisa mengajak para pengikut untuk mengetahui situasi yang ada di balik layar.

Anda bisa mengupload foto atau video mengenai aktivitas kantor anda seperti perkenalan tim, penyusunan rencana, pembuatan atau pengepakan produk dan lain sebagainya.

Selain membuat hubungan yang lebih dekat dengan calon pelanggan, trik semacam ini juga mampu membangun buzz untuk bisnis Anda.

2. Meningkatkan Traffic 

Jika dimaksimalkan dengan baik, fitur ini juga bisa mengingatkan followers bahwa Anda akan mengadakan sesuatu yang sangat menarik. Misalnya live video Instagram, webinar atau giveaway. Dengan cara tersebut, calon pelanggan bisa ikut serta, bahkan akan menjadi followers sosial media anda yang lainnya. Sayang sekali bukan jika kesempatan seperti ini dilewatkan begitu saja?

Dalam hal ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Pertama, cobalah mengetahui target audience yang akan anda bidik sebelum menayangkan konten. Selanjutnya, pilihlah foto atau video yang bisa menarik perhatian. Anda juga bisa mengumumkan bahwa penawaran akan berakhir setelah post menghilang dengan sendirinya. Waktu yang terbatas ini akan membuat pelanggan kesan tersendiri bagi pelanggan.

Selain itu, Anda juga wajib mengunggah konten di waktu yang potensial. Untuk mendapat hasil yang maksimal, anda harus bisa mengerti siapa target market atau target produk anda dan audience anda yang sesungguhnya.

Setelah itu, tentukan kira-kira kapan mereka membuka Instagram. Anda bisa mengunggah konten sekiranya di jam-jam berikut:

  • 07.00 – 08.00 (mulai beraktivitas)
  • 11.30 – 14.00 (waktu istirahat)
  • 16.00 – 18.00 (pulang kerja)
  • 20.00 – 21.00 (waktu santai)

Memang benar membuat konten yang unik sangat lah susah . Anda bisa sih mengedit menggunakan Smartphone anda namun biasanya terdapat watermark yang membuat konten anda tidak terlihat bagus. Namun saya memiliki sebuah solusi untuk anda gunakan yaitu menggunakan produk yang saya buat memang untuk keperluan online atau membuat content marketing, sebuah produk ini yaitu Digividio yaitu templates yang di desain untuk keperluan content marketing anda bisa menggunakannya dengan hanya menggunakan powerpoint dan terdapat juga tutorialnya. Jika anda ingin berkerja sama atau mengisi sebuah seminar bisa menghubungi saya ke laman kontak ini.

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾