Mengenal Content Marketing untuk para internet marketer

by Februari 11, 2018
BLOG DIGITAL MARKETING 0   150 views 0

Mengenal Content Marketing untuk para internet marketer Penggunaan internet yang semakin meningkat saat ini memiliki dampak yang cukup signifikan bagi dunia pemasaran khususnya bagi kalangan internet marketer Internet tidak hanya dijadikan media untuk menjalankan bisnis, tetapi telah menjadi media utama bagi para pemasar untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki.

Internet dinilai sebagai media yang cukup potensial bagi bidang pemasaran dan komunikasi, oleh karena itu muncullah istilah content marketing (pemasaran konten).

Apakah pengertian content marketing itu?

Content marketing adalah strategi pemasaran dengan cara menghasilkan konten yang bertujuan untuk memberi informasi kepada target (konsumen) yang bersifat persuasi, atas produk yang dipasarkan. Persuasi adalah ajakan dengan cara memberikan alasan dan prospek yang baik untuk meyakinkan.

Dengan demikian fungsi dan tujuan content marketing adalah untuk mengedukasi calon konsumen dan menjadi jembatan yang menghubungkan antara produsen dan konsumen untuk membentuk sebuah proses komunikasi yang menyenangkan melalui informasi-informasi dari konten yang dimiliki.
Artinya, pemasaran konten bukan sebagai strategi memasarkan produk atau jasa secara langsung melainkan usaha penciptaan konten yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian, atau konten yang dipasarkan akan mempengaruhi konsumen pada keputusan pembelian.
Meskipun pada dasarnya content marketing dapat dipahami sebagai strategi yang digunakan untuk memasarkan produk, akan tetapi content marketing dapat dilihat sebagai sebuah konten media yang bertujuan untuk mempromosikan produk dan mengetahui sikap target (konsumen) terhadap produsen.

Content adalah Raja

Dalam dunia website atau blogger, ada istilah yang menyebutkan “content is king”. Konten adalah sesuatu yang dianggap potensial di era digital dan salah satu yang terpenting dalam pemasaran melalui internet.
Konten diasumsikan sebagai “manusia” yang berbicara dan jembatan penghubung antara produsen dan target (konsumen) mengenai sebuah produk yang dipasarkan. Sementara itu platform media seperti blog, social-media, video online, dan lainnya berperan sebagai alat distribusi konten itu sendiri.
Di era internet ini, konsumen tidak hanya berperan sebagai pihak pasif yang menerima pesan-pesan komersial dari sebuah perusahaan produk atau jasa, namun mereka bisa menciptakan konten melalui review produk di media sosial tweet, forum atau blog pribadi.
Untuk itu, menciptakan konten yang berkualitas harus dilakukan agar dapat membawa pelanggan dan mempertahankan pelanggan tersebut.
Ada beberapa indikator yang harus dimiliki content marketing dalam rangka mengukur kualitas dari konten tersebut. Indikator-indikator itu adalah:
  1. Educates
  2. informs
  3. entertains
  4. Creates Trustworthiness

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.