Mendidik anak dalam kemajuan teknologi dari google dan rekan

by Juni 19, 2017
BLOG 0   81 views 0

Mungkin dari sahabat sudah memiliki anak, semakin maju teknologi peran orang tua sangatlah penting. Sebagai orang tua yang hidup di era modern seperti sekarang ini, Sahabat atau orang tua punya peran besar tidak hanya memastikan anak-anak tumbuh dan terekspos internet dengan aman, tapi juga memberi pengajaran bagaimana berperilaku di dunia maya. Google adalah perusahaan terbesar sepakat dalam keamanan anak adalah prioritas teratas dengan meluncurkan program baru bernama “Be Internet Awesome”, sebuah program yang menyuguhkan akses ke pembelajaran mengenai internet aman yang menyenangkan bagi orang tua, pengajar dan anak-anak itu sendiri.

Inisiatif ini tidak dijalankan oleh Google seorang diri, melainkan didukung oleh tiga organisasi, antara lain Family Online Safety Insititute, i Keep Safe, dan ConnectSafely.

Family Online Safety Insititute


Family Online Safety Insititute adalah organisasi non profit yang bekerja untuk membuat lebih aman dunia online untuk anak-anak dan orang tua.

Baca juga: Membuat kepo karena storytelling


Internet Keep Safe Coalition adalah organisasi yang mendedikasi mengajarkan anak, keluarga dan sekolah tentang dunia online.

iKeepSafe mengembangkan kurikulum yang dapat digunakan pengajar dalam kelas untuk mengajarkan arti menjadi warga online yang bertanggung jawab.

Kurikulum ini didesain agar kelas menjadi interaktif dan dipenuhi dengan diskusi, dan untuk memungkinkan siswa belajar melalui aktivitas langsung dan berbasis skenario.

ConnectSafely


 

ConnectSafely adalah organisasi non profit yang mendedikasi pengguna internet agar lebih bijak dalam menggunakan internet.

 

Untuk menarik minat para orang tua, pengajar dan anak, Google dan rekan mengemasnya dalam bentuk permainan, tool dan konten yang menyenangkan. Dirancang untuk membantu orang tua dan pengajar dalam mengajarkan generasi muda bagaimana berperilaku yang pantas di internet. Sebagai salah satu contohnya,Google telah merancang kurikulum yang akan menunjukkan kepada siswa contoh kehidupan nyata berkaitan dengan masalah-masalah di dunia internet. Misalnya bagaimana menyikapi situs-situs phishing dan emailspam. Kurikulum yang dirancang oleh Google telah mendapatkan semacam persetujuan dari International Society for Technology in Education’s Standards for Students sehingga sesuai dengan standar yang ada.

Sahabat bisa menonton ini:

Secara umum, anak-anak nantinya akan memperoleh pembelajaran yang memicu atau mendorong anak memahami dan bertindak dengan benar berkenaan dengan aktivitas peretasan, situs palsu, cyber-bully dan mempelajari perilaku yang benar dalam berinteraksi secara online.

Pembelajaran ini sepertinya cocok untuk di Indonesia apalagi tentang masyarakat Indonesia agar lebih bijak menggunakan media sosial agar tidak menyebar Hoax dengan mengajarkan generasi muda akan hal itu.”Sahabat bisa mengshare artikel ini agar pemerintah lebih aware terhadap Teknologi.

Sahabat bisa menonton ini:

Untuk mengenal dan mempelajari lebih dalam apa itu Be Internet Awesome, sahabat bisa berkunjung ke sini.

Komentar dengan 💗 di 👇🏾