Tips memilih domain yang tepat dalam bisnis online

by Februari 16, 2018
BLOG BUSINESS 0   111 views 0

Memilih domain selalu menjadi tantangan tersendiri. Mendapatkan nama ngotik, saya memerlukan waktu hampir sebulan lamanya untuk mencari dan terus mencari nama yang sesuai untuk sebuah blog Internet marketing. Ngotik, yang kepanjangannya Ngotak-Ngatik karena saya sering ngotak-ngatik elektronik. Di blog ini Untuk membantu Anda mendapatkan nilai lebih dari sebuah internet marketing, karena di luar sana untuk ilmu daging itu dijual-belikan dan di ngotik gratis loh.

Balik lagi ke nama domain. Terkadang dapet nama domain yang pas sesuai dengan keinginan kita memang gak mudah. Bahkan, misalnya, untuk memakai tanda “-” atau tidakpun memerlukan pemikiran yang lama. Terlebih lagi apabila domain yang kita mau (terutama apabila itu nama perusahaan) sudah dipunyai oleh orang lain atau belum. Untuk Anda yang akan memilih domain untuk bisnis Anda, sebelum merogoh dompet Anda.

Berikut beberapa tips mudah yang bisa dijadikan acuan sebelum dibeli

Niche apa? – Ini krusial. setelah Anda mengerti anda bergerak di bidang apa, hobby apa, selanjutnya adalah bagaimana mengidentifikasi nama domain menjadi sebuah brand name. Misalnya gini, kalau Anda jualan fashion, apakah perlu sebuah domain bernama : jualanfashion.com atau jual-pakaian-online.com ataukan anda akan mengedepankan nama merek toko Anda. Tidak pernah ada rumus bahwa nama domain yang anda bawa akan membawa sales lebih banyak (kecuali untuk kepentingan SEO). Jadi tentukan pilihan anda. Saya, secara profesional, akan merekomendasikan nama toko sebagai domain, dan bukan jenis bisnisnya. Nama toko adalah merek Anda. Secara brand value, mempunyai sebuah nama toko yang mudah melekat di masyarakat akan menjadikan bisnis anda mudah diingat. Ingat, ciri brand Anda kuat di online adalah semakin banyak direct traffic yang masuk, bukan dari search engine.

Unique

Menjadi unik adalah segalanya. Memilih sebuah nama domain yang ‘deket-deket’ dengan domain yang sudah populer adalah jalan menuju kegagalan. Jangan tiru nama domain. Sebisa mungkin jadikan nama domain menjadi yang paling unik seluruh dunia. Misalnya begini : mempunyai mana domain ‘kompasindo’ tidak akan membuat Anda seperti ‘kompas’. Percuma sekali. Jika menggunakan Nama yang unik akan membuat domain Anda lebih mudah diingat dan mudah dikenal pastinya. Hindari pemakaian angka, kecuali memang anda harus memakai angka untuk domain.

Banyak rekomendasi yang menganjurkan kita agar memakai dan mempertimbangkan kata kunci (keywords) dalam memilih nama domain. Saya pribadi tidak begitu menjadikan ini hal yang utama. Memilih domain adalah lebih kepada bagaimana kita ingin diingat sedangkan kata kunci adalah bagaimana kita ingin dicari. Dua hal ini berbeda jalan. Lagipula, selagi masih ada meta tag, keywords selalu kita bisa mainkan. Tantangannya adalah : mampukah kita menarik sebanyak mungkin direct traffic ke website kita. Karena tingkat ‘kebesaran’ brand ada di direct traffic.

Kalau Anda ingin membuka bisnis, Anda akan wajib dan harus berbasis online atau mobile untuk mengikuti perkembangan zaman, dan yang penting, Anda akan merelakan waktu dan berinvestasi di membangun brand, pilihlah nama domain yang simpel, unik dan sependek mungkin agar mudah diingat. Kuncinya adalah, apabila ingat kata yang Anda sukai segera cari domainnya. Begitu menemukan kata tersebut masih tersedia, segera beli, jangan tunggu. Beberapa kali saya menemukan kata yang keren untuk domain, tetapi karena ragu-ragu akhirnya di duluin oleh orang lain.

Jadi, usahakan selalu nama perusahaan atau nama toko yang menjadi domain Anda. Apabila sudah dipunyai oleh orang lain, barangkali Anda bisa bermain dengan singkatan, atau mencari domain (dot)co(dot)id atau pun pakai (dot)net, (dot)org. Saya selalu berusaha untuk mencari yang (dot)com daripada yang lainnya dan sebelum membeli jika blog Anda ingin di buat untuk sharing sebaiknya pilih niche terlebih dahulu, barulah pilih nama domain.

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.