Membuat kepo karena storytelling

by Juni 20, 2017
BISNIS DIGITAL MARKETING 0   114 views 0

Mungkin dari sahabat suka membaca buku novel atau cerpen, komik  dan sebagainya yang membuat kepo sahabat untuk menarik dibaca dengan penulis membuat emosional pembacanya atau alur ceritanya, sebenarnya teknik apa ini. Iya, ini disebut storytelling.

Apa itu storytelling?


 

Sederhananya, storytelling adalah teknik atau kemampuan untuk menceritakan sebuah kisah, pengaturan adegan, event, dan juga dialog. Kalau di film, para film maker bersenjatakan kamera; di komik, para komikus bersenjatakan gambar dan angle cerita; di cerpen atau novel, para penulis bersenjatakan pena, diksi, dan permainan kata serta deskripsi.
Cerita yang baik dan sesuai dengan sasaran ibarat sihir yang akan menghipnotis  pendengar atau pembaca. Sihir dari cerita yang paling jelas adalah mampu membawa pendengar atau pembaca pada sebuah pengalaman baru. Storytelling atau bercerita memang memiliki daya tarik tersendiri untuk merebut perhatian  pendengar atau pembaca. Tidak ada yang lebih kuat dari sebuah cerita yang mengilustrasikan pesan pokok sahabat.
Mungkin sahabat pernah menonton film atau membaca buku dari seorang yang bernama raditya dika. 
Setiap mengeluarkan buku atau film selalu dan selalu menjadi paling Terlaris.
menurut raditya dika
bahwa passionnya adalah story telling. “Jadi writer untuk menceritakan sebuah cerita, aktor untuk membuat ceritanya hidup, directing untuk memvisualkan cerita yang kita punya, stand up comedy menceritakan kegelisahan kita dalam bentuk yang lucu. Jadi it’s all about story telling. Passionya disitu”, kata Radit.

Kenapa storytelling penting?


Sahabat sering liat kan ada cerita yang idenya sekilas bagus, spektakuler, pokoknya keren tapi setelah diikutin ternyata kita malah tidak mengerti isi ceritanya. Atau, ada novel atau cerpen yang sebenarnya punya ide cerita yang keren, tapi menggambarkannya asal-asalan karena nggak tahu soal pacing, panelling, dan permainan angle. Storytelling adalah langkah untuk membuat cerita supaya menarik untuk diceritakan, sehingga ketika proses menggambarkannya ke dalam lembar kertas dapat lebih proporsional.
Sahabat bisa belajar dari raditya dika
86 posts

Saya lahir di JAKARTA (ASLI BETAWI). Seorang Blogger, Editor Vidio, Desainer grafis , Pedagang online, Digital Marketer, Content Creator dan Publisher

Komentar dengan 💗 di 👇🏾