Mastah blogger-Mengenal istilah Visitor,Pageviews dan UV pada blog

by Juli 27, 2017
BLOG 0   71 views 0

Jika sahabat adalah seorang blogger visitor atau pengunjung merupakan parameter utama dalam keberhasilan sebuah blog atau website. Ada 3 (tiga) istilah yang akan sering sahabat temukan terkait visitor. Pada update kali ini, ngotik akan menjelaskan secara sederhana tentang 3 (tiga) istilah terkait visitor yang mungkin akan sangat sering sahabat jumpai saat mencari materi-materi tentang blogging.

apa itu visitor,pageviews dan uv pada blog

Apa itu Visitor


Visitor adalah keseluruhan pengunjung blog atau website dalam waktu tertentu. Ini merupakan jumlah keseluruhan  yang mengakses halaman blog atau website. Terkait dengan jenisnya, visitor yang berasal dari kegiatan mesin (software robot otomatis) juga akan dihitung sebagai visitor. dengan kata lain, visitor sebuah blog atau website terkadang tidak hanya berasal dari kegiatan manusia, kadang-kadang, ada juga beberapa akses yang berasal dari software yang umumnya beroperasi secara otomatis (secara normal, jumlahnya sangat kecil).

Apa yang saya maksud sebagai “software robot otomatis”. Secara sederhana, ini merupakan suatu software atau program yang dibuat untuk dapat melakukan kegiatan-kegiatan secara otomatis. Dalam hal ini adalah menjelajahi suatu halaman blog atau website untuk kepentingan tertentu.

Contoh:

  • Googlebot yang menjelajahi suatu halaman untuk keperluan index.

Googlebot adalah bot perayapan web Google (terkadang juga disebut “spider“). Perayapan adalah proses Googlebot dalam menemukan laman baru dan termutakhir untuk dimasukkan ke dalam indeks Google.

Apa itu Pageviews (PV)


Pageviews (PV) merupakan jumlah keseluruhan akses pada semua halaman blog atau website dalam waktu tertentu. Untuk lebih jelasnya simak dengan baik

Contoh:

Misalkan saja visitor harian blog ngotik adalah 2000 visitor. Jika rata-rata setiap visitor tersebut membuka 3 halaman, itu artinya jumlah pageview harian blog ngotik adalah 6000 Pageviews.

Penambahan jumlah pageviews tidak hanya karena visitor membuka halaman yang berbeda. Pageviews juga akan bertambah jika visitor melakukan refresh (memuat ulang) pada halaman yang sama. Jadi kesimpulannya, pageviews adalah jumlah keseluruhan berapa kali halaman pada blog atau website di refresh atau dimuat .

Apa itu Unique Visitor (UV)


Unique Visitor ( UV) adalah jumlah visitor unik sebuah blog atau website dalam  waktu tertentu. 5 pengunjung sudah pasti menghasilkan 5 visitor namun 5 visitor belum tentu menghasilkan 5 Unique Visitor. Hal ini karena dalam waktu tertentu, terkadang sebuah blog atau website bisa jadi dikunjungi oleh visitor yang sama.

Data jumlah Unique Visitor ini didapatkan dengan cara mengenali alamat IP visitor. Jika sebuah blog atau website dikunjungi beberapa kali lebih dari 1 (satu) kali oleh visitor dengan IP yang sama, Unique Visitor tetap dihitung 1 UV.

Baca juga artikel terkait:

  1. Mastah blogger,mengenal inbound link dan outblound
  2. Domain authority dan page authority pada blog
  3. Mendapatkan backlink yang berkualitas

 Apa itu IP


Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Jadi setiap laptop atau komputer bahkan yang menggunakan internet pasti menggunakan IP. IP digunakan sebagai identitas atau alamat jadi jika melakukan kejahatan di dunia cyber dapat dikenali atau dilacak dari IP.

Komentar dengan 💗 di 👇🏾