Mastah blog-Scraper teknik terlarang yang membahayakan

by November 1, 2017
BLOG 0   170 views 0

Dalam dunia digital marketing scrap seperti hal yang biasa namun bukan teknik yang baik dan benar,karena bisa disebut pelanggaran. Scrap biasanya digunakan para blogger untuk mengcopy artikel dan mempastenya dan itu biasanya di sebarkan ke website yang dimiliki para pengguna scrap atau disebut scraper dan itu bukan website satu atau pun dua website para pengguna yang memilikinya namun banyak sekali biasanya disebut para kaum BLACKHAT. Dalam dunia online, blackhat sendiri bisa disebut dengan cara jahat atau kurang baik atau istilah kerennya peretas.

Pernah melihat kenapa sekarang ini website menggunakan CAPCHA yaitu agar terhindar dari ulah scraper yang tindakannya kurang keren. Memang scrape sendiri dapat mempermudah pekerjaan namun tidak untuk merugikan orang lain.

Scraper teknik terlarang yang membahayakan


Dalam marketplace ataupun media sosial atau blog,dll mungkin sahabat sudah tau tentang laman TOS (Terms of service) biasa disediakan oleh pemilik situs web dengan maksud untuk memberikan aturan (rules) sehubungan dengan pelayanan (service) yang ada di dalam blog atau situs web-nya. Dalam TOS tersebut biasanya melarang penggunanya untuk melakukan scrap.

Baca juga:

Mastah blogger- Mengenal istilah visitor,Pageviews dan UV pada blog

Web scraping


Web scraping  adalah teknik yang digunakan untuk mengambil isi sebuah halaman web secara spesifik, misalnya link gambar, isi berita atau sejenisnya.

Ada dua cara untuk melakukan scrap konten:

1. Manual – ini adalah cara yang paling sederhana, dengan copy paste dari situs lain.

2. Otomatis – ini membutuhkan tools atau program biasa disebut “bot” yang dibuat untuk crawl web dan mengambil semua konten yang sesuai dengan parameter tertentu.

#Jika saya biasanya menggunakan teknik ATM (AMATI, TIRU , MODIFIKASI) ataupun memberikan link sumber.

Untuk Media sosial sendiri seperti facebook melarang penggunanya untuk melakukan scraper di point ke 2 pada keamanan pada TERM facebook, perlu diperhatikan sarana otomatis, jadi manual boleh (heheheh).Jadi legal ya dan perlu dipahaminya harus seizin pihak facebook, kalau tidak bisa disebut ilegal.

Anda tidak akan mengumpulkan konten atau informasi pengguna, atau mengakses Facebook dengan cara lain, menggunakan sarana otomatis (seperti bot pemanen, robot, spider, atau scraper) tanpa izin kami sebelumnya.

Dan biasanya para pemilik marketplace diluar sana memahami tentang hal tersebut jadi mereka sudah bersikap tegas terhadap pengguna scrape namun untuk lokal ya gimana ya untuk para scraper otomatis atau para pemilik bot terlalu banyak padahal itu akan sangat membahayakan storage pada hosting mereka karena pengguna biasanya menscrape bukan hanya download namun upload dan biasanya dilakukan hingga ratusan bahkan ribuan.

Jangan gunakan BOT atau pun scrap secara otomatis karena sangat merugikan sekali bagi korban nya, yuk gunakan strategy marketing yang baik dan gunakan cara yang baik untuk para blogger

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.