Ini lah jenis lapisan OSI Layer dan Fungsinya

by Februari 25, 2018
BLOG E-REVIEW NETWORKING 0   176 views 0

Model referensi OSI (Open System Interconnection) menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software di komputer lain. Model referensi OSI secara konsep terbagi ke dalam 7 lapisan dimana masing-masing lapisan memiliki fungsi jaringan yang spesifik atau berbeda-beda dalam fungsinya. Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.

osi layer komputer dan fungsinya

Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok atau istilah kerennya adalah vendor. OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok atau vendor yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda-beda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.

Baca juga artikel:Pengertian dan fungsi Ip address dalam jaringan

Berikut ini adalah lapisan OSI Layer dan Fungsinya

1.physical Layer

Berfungsi untuk mendefinisakan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan,(seperti halnya Ehternet atau token Ring) topologi jaringan dan pengkabelan. Selain itu juga mengidentifikasikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

2.DATA LINK LAYER  

Berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut sebagai Frame, selain itu pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media acses control Adress (MAC Address) dan menentukan bagaimana perangkat -perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater dan switch layer dua berofrasi sfesisikasi IEEE 802 membagi level ini menjadi  dua level anak yaitu Lapisan Logikal Link  Control (LLC) dan Lapisan Media Acses Control (MAC).

3.NETWORK LAYER 

Berfungsi untuk mengidentifikasi alamat-alamat IP membuat header untuk paket-paket dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer 3.

4.TRANSPORT LAYER 

Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali ke nomor tujuan setelah diterima. Selain itu pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses dan mentransmisikan ulang terhadap paket yang hilang di tengah jalan.

5.SESSION LAYER 

Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat dipelihara atau dihancurkan. Selain itu juga dilakukan resolusi nama.

6.PERSENTATION LAYER

Berfungsi untuk mentranslasikan data yang akan ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP).

7.APLICATION LAYER

Berfungsi sebagai antar muka aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan dan kemudian membuat pesan kesalahan. Protokol yang berada di lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP dan NFS.

Sumber:Wikipedia

Ini pelajaran saya dahulu di SMK di daerah Jakarta Selatan untuk memahami sebuah jaringan karena di Smk saya mengambil jurusan Teknik Komputer Jaringan atau singkatannya (TKJ). Dalam memahami sebuah jaringan agar lebih luas nantinya anda harus mempelajari ini karena jika sebuah dasar ini anda nanti bisa lebih luas karena jika anda belajar keamanan pada komputer anda akan bertemu dengan ini setidaknya anda mengetahui dasarnya.

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.