Kiat sukses berbisnis waralaba di 2018 modal kecil

by Desember 31, 2017
BLOG BUSINESS 0   113 views 0

Secara luas waralaba atau franchise adalah hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun sebuah layanan. Versi dari pemerintah Indonesia yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan  yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, waralaba merupakan suatu sistem pendistribusian barang dan jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan nama, merek, sistem dan prosedur yang ditetapkan dalam jangka waktu tertentu.

Di sini ngotik akan mengulas tentang bisnis waralaba secara detail bagaimana memilih waralaba yang baik. Namun sebelum saya menjelaskan bagaimana memilih waralaba yang baik sebaiknya anda pahami ini:

Franchisor  : Badan usaha perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atak kekayaan intelektual (HAKI) usaha yang dimilikinya.

Franchisee atau penerima waralaba : Badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki pemberi waralaba.

Jenis Waralaba

waralaba dapat dibagi menjadi dua :

  1. Waralaba luar negri : Waralaba ini cenderung disukai karena sistemnya yang jelas dan merek sudah dikenali di berbagai dunia dan dirasakan lebih bergengsi namun untuk berinvestasi harus merogok uang yang cukup besar dikarenakan sudah memiliki nama sampai berbagai dunia Contohnya : KFC
  2. Waralaba dalam negri : Salah satu pilihan investasi yang sering banyak di minati karena waralaba ini banyak bermunculan dan tidak banyak merogok uang yang sangat besar namun tidak menutup kemungkinan waralaba dalam negri bisa sampai keluar negri contohnya : Kebab Turki (Baba rafi)

Jika anda tertarik untuk memulai bisnis waralaba, saran dari Ray Krock, pewaralabaan pertama dan mantan CEO McDonald’s ini bisa menjadi referensi yang tepat untuk anda menemukan waralaba.

artikel terkait : Trend bisnis masa kini paling menjanjikan di 2018

Berikut ini saran Ray  Krock yang dikutip dari buku “McDonald’s: Behind Thr Arches

  1. Temukan penjual waralaba berpengalaman : Cari penjual yang berkecimpung dalam bisnis nya hal ini bisa dapat dilihat dari laporan keuangan dan cabang-cabang yang sukses.
  2. Pilih waralaba yang diterima pasar : Waralaba yang sudah di sukai dan diterima pasar lebih mudah anda mengembangkan usaha.
  3. Pilih waralaba yang belum jenuh : Pilih lah bisnis waralaba yang belum jenuh atau masih tahap perkembangan.
  4. Cermati isi perjanjian waralaba : Harus anda cermati perjanjian seperti presentase uang muka dan royalti 
  5. Carilah sistem yang mudah dipelajari : Semakin sederhana sistem semakin baik ini mempermudahkan anda dalam menjalankan usaha karena beberapa waralaba memiliki prosedur yang rumit
  6. Ambil waralaba yang mendukung : Pilih waralaba yang memberikan dukungannya berupa manajemen atau iklan. Usahakan jangan membeli waralaba yang sistemnya jual beli putus selain risiko lebih tinggi ini pun tidak cocok bagi pemula yang ingin coba-coba

Dan ngotik ingin menambahkan carilah waralaba yang usaha nya jangka panjang dan jangan musiman dan juga pilih waralaba yang selalu merubah menu-menu atau inovatif karena selera orang Indonesia berbeda karena ingin mengganti-ganti. Jujur saja saya juga ingin sekali berbisnis dengan membuka konveksi ala startup namun sulit nya mencari pemodal yang sistemnya syariah karena jujur saja di Indonesia sendiri masih banyak Investor yang ingin investasi namun ingin lebih yaitu tidak ingin rugi karena dalam bisnis untung rugi pasti akan terjadi. Jika anda sebagai angel investor atau profesional pasti akan mengerti tentang hal ini. Jika anda ingin kontak saya untuk berbisnis dengan saya , anda bisa hubungi saya dengan meng kontak saya melalui laman kontak yang tersedia.

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾