Teknologi kecerdasaan Artificial Intelligence (AI) semakin diminati

by Desember 30, 2017
BLOG BUSINESS STARTUP 0   163 views 0

Teknologi semakin maju. Saat ini teknologi khususnya Artificial Intelligence (AI) sedang banyak di bahas di kalangan masyarakat. Keberadaan Artificial Intelligence (AI)  semakin banyak diminati oleh masyarakat.

Sebenarnya apa itu Artificial Intelligence (AI) ?

Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan yang ditambahkan ke mesin untuk berpikir layaknya manusia. Perusahaan teknologi mengembangkan kecerdasan buatan agar mempermudahkan pekerjaan manusia. Saat ini bahkan kecerdasaan buatan ini sedang hangat di perbincangkan di PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Kaloborasi mesin dan manusia memang kaloborasi yang sangat menarik karena mempermudahkan manusia itu sendiri. Namun jika tidak ada keamanan yang memungkinkan kedepannya akan banyak sekali kekacauan seperti halnya film Terminator akibat tidak bisa mengendalikan mesin tersebut.

Baru-baru ini robot yang sangat jenius telah mendapatkan kewarganegaraan yaitu Sophia. Sophia merupakan robot pertama yang mendapatkan kewarganegaraan dari Arab Saudi. Kecerdasannya hampir sama dengan manusia dan sangat menyerupai manusia.

 

Dalam teknologi Artificial Intelligence (AI) tidak hanya dalam robotic saja namun kedalam permainan games juga. Perkembangan teknologi saat ini bisa dibilang sangat cepat sekali seperti halnya kota robot memang akan-akan bisa terjadi di masa yang akan datang.

Di dalam teknologi memang cenderung memiliki sisi buruk dan sisi baik seperti yang terjadi di Jepang saat ini. Banyak sekali di Jepang sana yang mengembangkan manusia buatan bahkan membuat robot sex untuk melampias kan nafsunya. Ini sangat bahaya sekali jika meluas ke negara-negara lain karena di Jepang pun angka stressnya pun paling besar dan angka bunuh diri terbanyak sedunia.

Baca juga:Kesalahan fatal dalam bisnis online-Tahap memulai

Bagaimana Trend kedepannya Teknologi Artificial Intelligence (AI) di Tahun 2018 

  • Natural Language Generation

Bahasa awamnya adalah sebagai bahasa alami versi digital, kemudian akan dimengerti oleh manusia, terjadi komunikasi dua arah. Secara teknis sangat rumit dan menantang tapi justru inilah para ahli ingin coba membuktikannya. Kedepan teknologi ini akan mampu membuat ringkasan sebuah laporan, kalkulasi pasar dan lain sebagainya.

  • Speech Recognition

Pengenalan ucapan, kelak teknologi ini akan mampu membaca suara manusia menjadi format yang bisa diterapkan dalam kerja komputer, contoh yang saat ini adalah seperti pengenalan suara berdasarkan perintah suara menjadi lebih interaktif dan untuk aplikasi mobile. Seperti : Google Now itu adalah contoh sederhananya. Sedangkan NICE, Nuance Communications, OpenText dan Verint Systems adalah deretan pengembang teknologi ini.

  • Machine Learning Platforms

Mesin pintar yang mampu bekerja sendiri berdasarkan kecerdasan buatan. Kedepan teknologi ini harus bisa mempermudah kerja manusia. Dengan menyediakan API (antarmuka pemrograman aplikasi), alat pengembangan dan pelatihan, data base besar, aplikasi-aplikasi dan mesin lainnya, platform pembelajaran mesin, setiap hari kedepannya semakin menjanjikan dan semakin menarik. Memprediksi atau klasifikasi adalah hal yang saat ini bisa dimanfaatkan dari teknologi ini.

  • Virtual Agents

Tidak diragukan lagi, hadirnya Virtual Agents ini mengalami kebangkitan yang luar biasa perihal ‘bots obrolan’ mengalami kebangkitan yang pesat, kemajuan teknologi dan inovasi nya makin diperhitungkan. Virtual Agents banyak digunakan sebagai layanan pelanggan dan dukungan sebagai smart home manager. Beberapa perusahaan yang menyediakan agen virtual meliputi Amazon, Apple, Solusi Buatan, AI Assist, Creative Virtual, Google, IBM, IPsoft, Microsoft, Satisfi.

  • Decision Management

Nantinya mesin cerdas akan mampu mengenalkan aturan dan logika pada sistem kecerdasan buatan dan dapat digunakan untuk penyiapan awal atau pelatihan, pemeliharaan dan penyetelan yang berkesinambungan. Teknologi ini akan banyak digunakan di berbagai macam aplikasi perusahaan, membantu atau melakukan pengambilan keputusan secara otomatis. Beberapa perusahaan yang sudah menyediakan adalah Advanced Systems Concepts, Informatica, Maana, Pegasystems, UiPath.

  • AI-Optimized Hardware

Perusahaan melakukan investasi besar-besaran di ML / AI ini dengan model desain perangkat keras, bertujuan untuk mempercepat akselerasi aplikasi generasi berikutnya. Unit pengolahan grafis (GPU) dan peralatan yang dirancang khusus, dirancang secara efisien untuk menjalankan pekerjaan komputasi berorientasi AI.
Beberapa perusahaan yang berfokus pada AI-Optimized Hardware adalah Alluviate, Cray, Google, IBM, Intel, Nvidia.

  • Deep Learning Platforms

Deep learning adalah bidang yang paling cepat berkembang dan tren baru dalam pembelajaran mesin. Satu set algoritma yang menggunakan jaringan syaraf tiruan untuk dipelajari dalam multi level, sesuai dengan tingkat abstraksi yang berbeda. Beberapa aplikasi pembelajaran yqng le ih jauh adalah pengenalan ucapan otomatis, pengenalan gambar / pengenalan karakter optik, NLP, dan klasifikasi / pengelompokan / prediksi hampir di semua struktur yang dapat dirasakan.

  • Robotic Process Automation

Otomatisasi proses robot bekerja dimungkinkan berkat skrip dan metode yang meniru dan mengotomatisasi tugasnya manusia untuk mendukung proses perusahaan. Karena terlalu mahalnya atau tidak efisiennya jika dikerjakan oleh manusia untuk pekerjaan atau tugas tertentu maka teknologi ini sangat efisien.
Kita perlu mengingat kecerdasan buatan ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan manusia, melainkan untuk melengkapi kemampuan mereka dan memperkuat talenta manusia.

  • Text Analytics and NLP

Natural language processing (NLP) atau Pengolahan bahasa alami, berkaitan dengan interaksi antara komputer dan bahasa manusia (alami). Teknologi ini menggunakan analisis teks untuk memahami struktur kalimat yang diterima, serta makna dan niatnya, melalui metode statistik dan pembelajaran mesin.

  • Biometrics

Teknologi ini berkaitan dengan identifikasi, pengukuran dan analisis aspek fisik struktur tubuh, bentuk dan perilaku manusia. Hal ini memungkinkan interaksi yang lebih alami antara manusia dan mesin, termasuk interaksi yang terkait dengan sentuhan, citra, ucapan dan pengenalan bahasa tubuh. Teknologi ini sekarag sudah banyak digunakan untuk riset pasar. Pemasok teknologi ini meliputi 3VR, Affectiva, Agnitio, FaceFirst, Sensory, Synqera dan Tahzoo.

sumber: Laman forbes (10 Trend kedepannya Teknologi Artificial Intelligence)

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.