Jenis pekerjaan baru yang harus Anda ketahui di bidang IT

by Desember 24, 2018
BLOG BUSINESS E-REVIEW STARTUP 0   51 views 0

Bagi Anda yang masih kuliah atau yang baru lulus kuliah mungkin pernah berpikir kira-kira saat sudah lulus mau kerja dibidang apa? Tentunya dengan berbekal sarjana Informatika yang telah dimiliki, ingin mendapatkan perkerjaan yang sesuai dengan gelar sarjana Anda. Ada banyak perkerjaan yang berlatarbelakang IT yang bisa Anda ambil dan mereka mensyaratkan Anda untuk memiliki skill tertentu yang Anda andalkan. Artikel ini merangkum beberapa pekerjaan yang berlatarbelakang IT bagi Anda yang masih bingung dan sedang mempersiapkan untuk menghadapi dunia kerja.

Pekerjaan yang menjanjikan

Pekerjaan dibidang IT yang harus Anda ketahui

1.Game Developer dan Game Desainer

Game developer merupakan salah satu perkerjaan yang menarik jika ingin berkarya dengan game saat ini di dunia perkuliahan sudah banyak sekali yang membuat jurusan game technology, saya sendiri pemilik ngotik.com sedang berkuliah di jurusan game technology di Politeknik negri media kreatif. Untuk pengembangan game 3D menggunakan game engine seperti Unity, Unreal, dan Panda 3D. Pemograman JavaScript dan C# untuk Unity, Unreal menggunakan bahasa pemograman C++ dan Panda 3D mengunakan Python dan C++. Untuk pembaca yang tertarik membuat game 2D bisa menggunakan game engine seperti Game Maker Studio 2, Unity, RenPy, ink dan menggunakan bahasa pemograman seperti Python pada RenPy, Unity menggunakan JavaScript dan C#, Game Maker Studio 2 menggunakan drag and drop interface dan menggunakan bahasa pemograman mereka sendiri yang bernama GML sedangkan ink menggunakan C# dan HTML.

Selain game developer ada pula yang di kenal sebagai game desainer yang merancang aturan dari sebuah permainan atau yang terkenal dengan istilah story board. Aturan tersebut bisa merupakan karakter di dalam game dan perannya, deskripsi lingkungan game tersebut, objektif atau tujuan dari game tersebut, mekanik alur flow permainan dari game hingga merancang tiap level dari suatu game. Jadi Game Designer tidak berurusan dengan proses pembuatan visual dari game ataupun code di dalam game. Tanggung jawab seorang game designer sangatlah besar karena dia adalah orang yang harus merancang sebuah dokumen bernama Game Design Document (GDD).

2.Ahli SEO / SEO Specialist

Jasa SEO adalah penyedia layanan SEO (Search engine optimization) yang menggunakan teknik SEO yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke sebuah website dengan cara menempatkan halaman web di posisi tertinggi (PR1) pada hasil pencarian dari search engine (SERP). Biasanya jasa SEO menggunakan beberapa tools seperti Google Analytics, Google Search Console (GSC) dan CopyScape untuk Cek Konten Duplikasi. Ketika menggunakan jasa ini Anda harus mengeluarkan rata-rata sekitar 2 juta dalam jangka waktu 6 bulan atau lebih tergantu penyedia jasa tersebut dan tergantu berapa kata. Anda pun dapat menggunakan jasa saya jika ingin membacklink website Anda untuk meningkatkan visitor atau pun artikel Anda di Halaman pertama.

3.UI/UX Designer

UI ialah bagaimana suatu produk yang kit buat terlihat seperti apa yang bisa dilihat oleh mata. Tujuan utama dari UI adalah menampilkan interface yang memiliki keseragaman yang baik dari segi warna, layout, atau font. Sementara itu UX adalah proses untuk membuat produk yang telah Anda buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan pengguna (User). Tanggung jawab seorang UX designer adalah memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas. Untuk menjadi seorang UI/UX designer Anda harus terbiasa memilih perpaduan warna yang nyaman bagi user dan harus detail untuk melihat hasil yang di pasarkan ke produksi baik dari sisi font, warna, gambar.

papdan.com

4.Big data analytics

Sekumpulan besar data (big data) untuk mendapatkan pola-pola dan informasi yang berguna. Big data analytics tidak hanya membantu untuk memahami informasi yang terkandung di dalam data tapi juga membantu untuk mengidentifikasi data yang paling penting untuk keputusan bisnis saat ini dan masa datang. Big data analytics pada dasarnya ingin untuk menghasilkan pengetahuan (knowledge) dari hasil analisis data. Saat ini di Indonesia menurut ngotik.com sangat lah potensial sedang berkembang.

5.Web Developer & Mobile Apps Developer

Web developer merupakan salah satu perkerjaan yang sangat populer di bidang IT tapi apa yang sebenarnya di kerjakan oleh Web Developer? Web developer terbagi dari 3 divisi yaitu Frontend Developer, Backend Developer, dan terakhir adalah Fullstack Developer.

Frontend Developer memiliki tanggung jawab untuk membangun bagian interface dari sisi user. Untuk menjadi Frontend Developer kita harus paham bagaiamana menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Penguasaan berbagai framework dari CSS seperti Bootstrap dan Vue.js, React.js, Angular.js dari JavaScript akan membantu perkerjaan seorang Frontend Developer.

Backend Developer merupakan kebalikan dari Frontend Developer yaitu mengurusi semua kebutuhan dibagian server dan proses pengolahan data di database. Apa saja yang dibutuhkan oleh seorang Backend Developer? PHP, Python, dan Node.js merupakan beberapa bahasa pemograman yang digunakan oleh para Backend Developer.

Fullstack Developer merupakan perkerjaan yang bertanggung jawab dari sisi user interface dan sisi server secara bersamaan atau merupakan gabungan dari Frontend dan Backend. Untuk menjadi seorang Fullstack Developer kita harus menguasai teknologi yang ada disisi Frontend seperti HTML , CSS , JavaScript dan juga bahasa pemograman yang ada disisi Backend seperti PHP, Python, Node.js. 

Mobile Apps Developer merupakan orang yang mengembangkan aplikasi di smartphone kita. Pengembangan aplikasi mobile pada umumnya terbagi dari yaitu Android dan iOS secara native dan untuk cross-platfrom terdiri dari ReactNative, Ionic, Xamarin dan NativeScript. Teknologi yang digunakan untuk pengembangan aplikasi Android native menggunakan bahasa pemograman Java atau Kotlin sedangkan Apple menggunakan Objective-C atau Swift. Sementara itu untuk cross-platfrom menggunakan bahasa pemograman JavaScript untuk ReactNative, Ionic, dan NativeScript sedangkan Xamarin menggunakan C#

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.