Elemen terpenting sosial media marketing

by Juni 7, 2018

Tujuan dan target dari strategi sosial media adalah untuk membantu Anda berhasil terhubung dengan calon pelanggan Anda yang potensial. Di artikel ini saya akan beritahukan Elemen terpenting sosial media marketing.

Sebelum itu, Saya akan jelaskan apa itu sosial media, sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Berikut ini elemen terpenting sosial media marketing

1.Tentukan tujuan pemasaran

Menentukan tujuan pemasaran yang spesifik. Sebuah tujuan atau goal yang akan sangat tidak berguna jika Anda tidak memiliki sebuah parameter atau ukuran tertentu yang menentukan apakah masing-masing tujuan tersebut telah tercapai atau tidak.

Contoh: jika salah satu tujuan utama Anda adalah menghasilkan pelanggan potensial dan penjualan, berapa banyak pelanggan potensial dan penjualan yang harus Anda dapatkan?

Tujuan pemasaran menentukan bagaimana Anda dari Terminal 1 (tujuan yang belum terpenuhi) ke Terminal 2 (tujuan Anda terpenuhi ). Anda dapat menentukan tujuan Anda dengan pendekatan berikut: Membuat tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan ada batas waktunya.

Pengukuran ini penting untuk strategi Anda, Anda juga dapat belajar menggunakan funneling untuk skema tersebut.

Menggunakan contoh kita sebelumnya, jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan pelanggan potensial dan penjualan, contoh tujuan pemasaran yang spesifik adalah meningkatkan perolehan pelanggan potesial sebesar 50%.

tujuan pemasaran

2.Engagement

Engagement dalam pengertian simpel berarti komunikasi dua arah. Komunikasi dua arah dalam studi komunikasi juga dikenal sebagai komunikasi interaksional. Maksudnya: Komunikasi berlangsung dari pengirim pada penerima, lalu penerima pada pengirim, secara bergantian. Kunci dari komunikasi interaksional ini adalah umpan balik (feedback) atau tanggapan terhadap pesan, karena membuat pengirim pesan mengetahui respon terhadap pesannya.

kategori itu bisa memandu kita untuk mengukur nilai engagement dalam kegiatan di media sosial

  • Konversasi (conversation): Aktivitas percakapan di antara pengguna.
  • Amplifikasi (amplification): Aktivitas penyebaran atau perluasan pesan.
  • Aplaus (applause): Aktivitas respon singkat dengan ikon tertentu.
Kategori Facebook Twitter YouTube Instagram Linkedin
Konversasi Comment Reply Comment Comment Comment
Amplifikasi Share Retweet Share Share to Share
Aplaus Like Like Like Like Like

Engagement bisa juga dibandingkan dengan jumlah konten, pengikut, atau jangkauan, menjadi rasio interaksi (engagement rate); tergantung kebutuhan pengelolaan. Seperti contoh jika Anda menggunakan akun bisnis di Instagram Anda akan diberikan fitur yaitu pengukur engagement/aktivitas dalam kegiatan media sosial.

engagemnt element

3. Konten

Pernahkah Anda bertanya-tanya jenis konten apa yang harus Anda buat dan share di akun sosial media? Atau di mana menemukan konten sosial media yang mendorong audience untuk like, share, klik, dan mendapat keterlibatan tinggi (Engagement? Jika Anda menggunakan sosial media tanpa strategi konten yang kuat (dan beragam), Anda berisiko jatuh di belakang. Karena inilah kenyataannya:Jika Anda tidak menyajikan apa yang audiens Anda cari, pesaing Anda akan melakukannya.

Pelajari element terpenting sosial media karena Anda wajib mempelajari nya jika Anda seorang Digital marketer . Tinggalkan komentar jika bertanya atau pun share artikel jika artikel ini sangat membantu sekali, semoga menjadi amal ibadah kita bersama. Terima kasih, kirimkan artikel Anda jika ingin di publish di website saya, hubungi saya melalui halaman kontak.

 

 

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.