Content marketing adalah perubahan proses dalam copywriting

by Februari 19, 2018
BLOG DIGITAL MARKETING 0   166 views 0

Kalau Anda seorang intenet marketer atau digital marketer seperti saya, pasti sering mendengar atau bahkan sekarang sedang mendalami content marketing. Custom publishing, custom media, customer media, customer publishing, member media, private media, branded content, corporate media, corporate publishing, corporate journalism and branded media : semuanya masuk dalam satu bagian besar content marketing.

Pada dasarnya, content marketing adalah seni berkomunikasi dengan customer dan potential customer dengan tanpa teknik menjual sama sekali. Saya menyebutnya, soft selling. Caranya adalah dengan memberikan informasi yang relevan sehingga membuat calon pembeli menjadi lebih pintar dari sebelumnya biasa nya kita mengenal dengan hard selling namun teknik ini kurang begitu ampuh. Intinya, content strategy, selalu berusaha untuk membuat kita; sebagai pebisnis, selalu memberikan informasi yang valuable kepada buyers atau potential buyers, sehingga mereka akan menjadi loyal dengan produk kita.

Daripada menjual dengan teknik hardselling produknya melalui sales promotion, pemasaran jenis ini lebih mengemukakan informasi yang berguna bagi calon pembelinya. Buat penganut content marketing, seluruh dunia pemasaran adalah dunia content. Kalau di marketing konvensional, zaman dahulu saya akan dengan sangat mudah untuk menggolongkan content marketing ini ke dalam public relation. Tetapi kenyataannya, semua model promosi (bauran promosi), saat ini tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya content yang memiliki nilai informasi.

content marketing

Karena content marketing ini mempunyai karakteristik, yang menyampaikan informasi yang relevan dan valuable, maka kebalikannya adalah : spam. Spam digolongkan sebagai informasi yang tidak informative, tidak relevan dan tidak valuable. Content marketing yang baik akan membuat orang berhenti sebentar, membaca dengan cermat, berpikir, dan bertindak secara berbeda. Ini yang membuat content marketing berbeda dengan jenis marketing konvensional lain seperti iklan, direct marketing atau sales promo sekalipun.

Content marketing adalah perubahan proses dalam copywriting. Atau lebih ekstremnya, perubahan proses sudut pandang. Pikirkan sebuah website atau iklan. Informasi yang berada dalam iklan tersebut tidaklah harus selalu harus menjual produk kita. Kalau kita jualan kosmetik, infonya adalah mengenai pencegahan penuaan. Kalau kita jualan batik, infonya adalah mengenai perawatan batik. Kalau kita berjualan rumah, infonya adalah mengenai kondisi ekonomi sekarang ini. Buat Anda yang bermain-main dengan blog dan adsense pasti mengerti betul bahwa content adalah segalanya. Relevansi tulisan merupakan aturan nomer satu untuk mendatangkan traffic yang berkualitas agar para pembaca mengunjungi website Anda harus membuat content yang nyaman yang penjelasan nya mudah dimengerti.

Coba anda lihat situs traveloka apakah mereka menjual tiket hotel dan pesawat dan sebagainya. Jawabannya,”Tidak” mereka juga memiliki sebuah blog yang di khusus kan untuk content marketing yaitu memberikan keindahan tempat di indonesia yang membuat atau menekan biaya promosi traveloka tidak terlalu besar biasa nya disebut dengan teknik SEO.

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.