Bisnis Online-Mencari supplier di Tokopedia

by Februari 12, 2018
BLOG DIGITAL MARKETING 0   118 views 0

Banyak yang ingin buka usaha namun tidak memiliki modal uang Tidak masalah, Anda bisa memulai dengan memasarkan produk orang lain. Perlu di ingat dalam memasarkan produk orang lain Anda harus tau kualitas barangnya. Anda bisa memulai mencari supplier di marketplace lokal seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain.

Mungkin Anda mengenal tentang Dropship dan Reseller:

Dropship sendiri adalah bisnis online dengan berjualan sebuah produk. Namun, produk tersebut bukan dari kita sendiri, melainkan produk orang lain tanpa perlu repot menyiapkan stok dan juga packaging.

Dropship berbeda dengan Reseller. Kalau dropship Tanpa perlu stok produk dan repot pengiriman, sementara reseller kita harus memiliki stok produk dan bisa mengirim produk sendiri. Nah, pertimbangan saya, kalau temen-temen ada yang ingin memulai jualan online namun tidak memiliki modal uang atau stock barang, kenapa tidak dicoba dropship?Namun diperhatikan untuk Anda yang ingin menjadi Dropshiper:

  1. Anda harus jujur tentang kualitas barang dagangan Anda (Sebaiknya Anda datang ke Suppliernya langsung atau sudah mengetahui produk)
  2. Jujur adalah hal yang harus dikedepankan berikan pelayanan yang terbaik untuk customer

Dan yang paling sering saya pilih untuk mendapatkan supplier adalah melalui Tokopedia dan Shopee

Kenapa Tokopedia? Karena menurut saya dimarketplace ini lebih simple dan friendly, sehingga saya lebih merasa sangat mudah menggunakannya. Kembali lagi, ini hanya soal taste, Anda bisa pilih supplier dari marketplace lain jika Anda inginkan. Namun pada kali ini saya akan berbagi tips cara mencari supplier terpercaya di Tokopedia:

1. Respon Cepat

Kecepatan dalam merespon pertanyaan dari customer sangat menentukan apakah toko tersebut bagus atau tidaknya. Karena kalau lambat, kita sebagai dropshiper toko tersebut akan lambat juga dalam menjawab pertanyaan dari calon customer kita. Biasanya orang mau beli itu menanyakan stok barang. Nah otomatis kita juga akan menanyakan stok tersebut ke supplier kita. Bila supplier lama dalam merespon, maka kemungkinan besar mereka akan tidak beli produk kita dan berpindah ke toko lain. Namun kadang ada pula supplier atau toko yang sudah memberi catatan bahwa yang di etalase berarti ready. Nah suplier atau toko yang seperti ini lebih bisa diandalkan dari pada yang tidak memberikan keterangan stok.

2.Review Toko

Menentukan bagus atau tidaknya supplier tersebut, bisa kita lihat di bagian review toko tersebut. Kalau reviewnya bagus, berarti bisa kita jadikan supplier, karena banyak yang puas dengan pelayanan dan kualitas barang yang dijual.

3. Produk Yang Terjual Banyak

Kita bisa menilai suplier itu bagus atau tidak dengan cara melihat  produk yang terjual. Biasanya kalau barang yang terjual banyak, berarti sudah banyak pula customer yang membelinya di sana.

4. Cari Suplier atau Toko yang harganya murah

Harga sangat menentukan kelangsungan bisnis dropship kita. Sebaiknya cari harga yang murah dengan fitur sortir Anda bisa menemukan harga yang termurah.

5.Pilih yang ada dukungan pengiriman menggunakan gojek,grab 

Selanjutnya kita bisa pilih supplier yang membuka dukungan pengiriman barang menggunakan Gojek, Grab atau Ninja expres. Alasannya karena biasanya yang membuka dukungan pengiriman tersebut suplier tersebut mempunyai toko fisik, kalaupun bukan toko dia punya gudang fisik. Jadi bisa dipastikan bahwa dia bukan dropshiper. Kita ga mau kan, niatnya kita jadi dropshiper malah ambil ke dropshiper lain otomatis harganya akan lebih mahal.

6. Pelayanan Ramah

Mengenai pelayanan, tentunya kita juga menginginkan supplier yang ramah. Terkadang ada yang menang dengan dagangannya laris namun dia kurang sopan terhadap kita. Yap, kita bisa menilai sendiri lah mana yang ramah dan mana yang tidak.

7.Minta Nomor whatsApp

Yang selalu saya lakukan jika mencari Produk dari supplier yaitu Saya meminta Nomor whatsapp nya agar saya bisa berkomunikasi dengan baik dan cepat.

Simak Vidio dari channel saya untuk lebih lengkapnya semoga membantu Anda dalam menemukan supplier dan dapat segera berjualan Online. Jangan lupa untuk Subcribe My channel.

 

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾