Era terbaru Big Data-Implementasi bisnis hingga teknologi masa depan

by November 28, 2018
BLOG STARTUP 0   61 views 0

Saat ini Big Data sangatlah penting keberadaannya, bagaimana tidak banyak pihak mencari data yang akurat namun belum tersedia nya data tersebut bahkan pemerintah pun tidak memilikinya. Anda dapat mencari di google dengan keyword “Pemerintah tidak memiliki data yang akurat” banyak sekali portal berita yang memposting hal tersebut.

big data adalah

Dalam permasalahan ini sebenarnya kita dapat membreakdown agar dapat menemukan solusi terbaik dan dapat menjadi ladang yang sangat besar dalam meraup kekayaan karena banyak sekali data yang dipagang oleh startup diperdagang kan (itu tidak menutup kemungkinan).

Sebab ketika semua data melimpah itu diolah dan di ambil manfaatnya dapat mentransformasi industri-industri menjadi lebih besar lagi.

Tentang Big Data

Big data adalah segala himpunan data yang volumenya sangat besar baik data yang terstruktur dan tidak terstruktur. 

Menurut  Doug Laney, konsep Big Data yang terdiri dari tiga bagian penting, diantaranya:

  • Volume

    Organisasi mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk transaksi bisnis, media sosial dan informasi dari sensor atau mesin. Di masa lalu, aktivitas semacam ini menjadi masalah, namun dengan adanya teknologi baru (seperti Hadoop) bisa meredakan masalah ini.

  • Kecepatan (Velocity)

    Aliran data harus ditangani dengan secara cepat dan tepat bisa melalui hardware maupun software. Teknologi hardware seperti tag RFID, sensor pintar lainnya juga dibutuhkan untuk menangani data yang real-time.

  • Variasi (Variety)

    Data yang dikumpulkan mempunyai format yang berbeda-beda. Mulai dari yang terstruktur, data numerik dalam database tradisional, data dokumen terstruktur teks, email, video, audio, transaksi keuangan dan lain-lain.

big data adalah

Big Data dalam mendongkrak bisnis

Big Data merupakan peluang perkembangan bisnis bagi banyak perusahaan saat ini. Teknologi pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, dan analisa data volume besar ini mampu menangkap pola dan informasi yang sangat berharga serta tentunya sangat kaya untuk dianalisis.

Saat ini jumlah data yang disimpan pada tingkat global per hari hampir tak terbayangkan jumlahnya. Data tersebut terus tumbuh tanpa henti. Artinya, Big Data memiliki velume yang besar untuk mengumpulkan wawasan kunci dari perkembangan bisnis.

Ketika perusahaan mampu memiliki data yang dimilikinya dengan analisis yang baik, perusahaan tersebut dapat menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan bisnis seperti:

  1. Menentukan akar penyebab kegagalan untuk setiap masalah bisnis.
  2. Menghasilkan informasi mengenai penjualan berdasarkan kebiasaan pelanggan dalam membeli.
  3. Mendeteksi perilaku konsumen dalam kesehariannya.

Big data dalam teknologi masa depan

Dalam perkembangan teknologi saat ini para pengembang atau para perusahaan teknologi memanfaatkan big data untuk keperluan perusahaannya. Semakin maju e-commerce di china seperti Alibaba membuat ekspedisi kesulitan dalam hal pengiriman ke luar negri dibutuhkan kecepatan yang sangat ekstra dalam hal ini ekspedisi memanfaatkan big data untuk merubah transformasi bisnisnya untuk hal kecepatan dalam pengiriman.

Contohnya:

Penggunaan robot dalam mengangkut rak yang berisikan paket yang akan dikirim kan ke pelanggan.

Manfaat yang bisa diberikan dari Big Data antara lain bisa memberikan gambaran yang lebih lengkap dalam hal ini perusahaan dapat menggunakan data tersebut dalam perkembangan bisnis dalam hal ini big data sangat lah penting.

Jika Anda memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan pesan untuk saya dikolom komentar ataupun bisa hubungi saya di laman kontak jika Anda seorang investor ingin berbisnis dan ingin bekerja sama dengan saya silahkan hubungi saya karena saya sangat senang dapat bekerja sama dengan Anda.

 

 

 

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.