Panduan belajar desain grafis untuk pemula

by April 25, 2018
BLOG DESIGN GRAFIS 0   80 views 0

Panduan belajar desain grafis untuk pemula adalah awal yang sangat menyenangkan, terutama bagi para pemula yang memiliki jiwa seni dengan rasa penasaran yang tinggi. Dalam era digital ini, sudah banyak sekali media untuk belajar desain grafis dengan lebih mudah dan lebih praktis.

Kamu bisa mencari berbagai informasi dan tutorial membuat desain grafis di dunia maya ini dengan sangat mudah dan gratis, kamu bahkan bisa belajar secara otodidak alias tanpa guru yang nyata sekalipun untuk bisa menjadi seorang ahli desain, namun lebih bagus jika mengikuti kursus jadi anda lebih mudah bertanya dengan orang yang ahli.

Software Desain Grafis

Ada banyak software desain grafis yang bisa kamu gunakan untuk mulai belajar desain. Yang terpopuler dan bahkan sudah menjadi standar dalam industri desain grafis saat ini kebanyakan adalah produk-produk keluaran dari perusahaan Adobe. Sebut saja Photoshop, yang kehebatannya tidak perlu diragukan lagi untuk urusan manipulasi foto atau gambar.

Selain Photoshop yang biasa digunakan untuk editing foto, masih ada lagi software desain grafis untuk urusan membuat desain vektor. Contoh software desain yang biasa digunakan dalam kategori vektor ini adalah Adobe Ilustrator dan Corel Draw. Kamu bisa membuat logo, karakter animasi, desain brosur, kalender, poster, dan masih banyak lagi. Kalau saya sendiri lebih suka dengan Corel Draw

Berikut software atau program aplikasi yang biasa digunakan dalam industri desain grafis

1.Photoshop

Photoshop sudah menjadi standar dalam industri desain grafis saat ini. Banyak kalangan profesional menghasilkan karya editing dan manipulasi foto yang luar biasa dengan bantuan Photoshop ini.

desain grafis

2.Gimp

Gimp sangat populer di kalangan pengguna Linux, terutama karena sifatnya yang gratis dan open source. Namun Gimp tidak hanya tersedia untuk Linux saja, melainkan juga tersedia untuk Windows dan Mac OSX. Saya pun juga menggunakan Gimp biasanya pengguna gimp lebih banyak digunakan untuk membuat anime.

Baca juga:Optimasi instagram yang harus diperhatikan dalam bisnis online

3.CorelDRAW

CorelDRAW adalah software desain grafis untuk editing dan membuat gambar vektor seperti halnya Adobe Ilustrator. Bedanya, CorelDRAW dibuat oleh perusahaan Corel Corporation dengan fitur khas mereka sendiri.

CorelDRAW bisa digunakan untuk membuat logo, karakter animasi vektor, membuat brosur, desain kalender, poster, sketsa foto, dan hal-hal yang berkaitan dengan desain vektor lainnya. CorelDraw juga menyediakan template khusus yang memudahkan pengguna untuk membuat desain tertentu sesuai kebutuhan.

4.Adobe Ilustrator

Ilustrator dirancang khusus untuk membuat desain vektor. Kamu bisa membuat logo, karakter animasi, atau apapun itu yang menyangkut ilustrasi desain vektor.

Desain berdasarkan kategori

Gambar desain vektor dan gambar desain raster (bitmap). Desain raster juga biasa disebut sebagai bitmap. Supaya lebih jelas, saya akan beri penjelasannya mengenai kedua tipe gambar tersebut beserta apa saja perbedaan di antara keduanya.

Apa itu Vektor?

Gambar vektor adalah gambar yang menggunakan poligon untuk membuat gambar pada komputer grafis. Pada dasarnya, gambar vector menggunakan vektor. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Setiap alur pada vektor bisa ditambahkan atribut, termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis.

Singkatnya Gambar vektor adalah format file grafis berdasarkan ekspresi matematika yang terdiri dari titik (anchor point), garis (line), dan bentuk (shape).

Apa itu Bitmap?

Gambar bitmap disusun oleh objek yang disebut pixel. Kerapatan ribuan hingga jutaan kotak-kotak warna (pixel) yang tersusun hingga membentuk sebuah gambar tersebut dinamakan resolusi.

Gambar bitmap memang tidak akan pecah jika ukurannya diperkecil, namun akan terlihat buram dan akan terlihat pecah jika ukurannya semakin diperbesar dari ukuran aslinya.

perbedaan vektor dan bitmap

Jadi jika ada pertanyaan atau ingin berdiskusi, jangan sungkan untuk meninggalkan komentarnya pada kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat 🙂🙂🙂🙂🙂🙂

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.