Berbeda-beda namun disatukan dengan batik

by Desember 20, 2018
E-REVIEW 1   46 views 0

Pakaian batik merupakan pakaian yang dapat digunakan kapan saja bukan hanya di acara tertentu. Batik juga merupakan warisan budaya Indonesia yang sangat dikagumi dunia karena nilai seni yang tinggi. Setiap anak muda dan mudi Indonesia harus dapat melestarikan warisan budaya ini karena dunia pun mengakui hal tersebut maka dari itu di 2 oktober diperingati hari Batik.

Batik

Saya sangat menyukai dunia fashion dan saya bangga karena Indonesia memiliki batik dengan beraneka ragam model, apalagi model batik perempuan sangat banyak sekali dari model baju batik, rok batik, celana batik dan lain sebagainya.

Setiap daerah memiliki batik dengan ciri khasnya daerah nya sendiri dan itu sama seperti cerminan bangsa Indonesia bahwa setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda. Kita sebagai rakyat Indonesia harus belajar dari batik, walau setiap daerah memiliki ciri atau ke khasan nya sendiri tetapi bisa disatukan dengan batik.

Setiap daerah memiliki batik yang memiliki corak, motif atau warna yang berbeda tetapi dapat disatukan dengan kesamaan yang bernama batik.

Audi prasetya

 Hal tersebut membuat batik  Indonesia menjadi lebih indah dengan keaneka ragaman nya, seperti halnya sebuah batik yang terlihat indah dengan warna-warni dan motif yang beraneka ragam. Semua orang bisa menikmati dan mengapresiasi batik sebagai budaya daerah yang menjadi budaya bangsa dengan rasa bangga dan saling menghargai.

Ketika semua orang merasa bangga dengan budaya dan kearifan lokal maka warisan budaya itu akan selalu hidup di tengah-tengahnya atau di dalam masyarakat seperti contohnya dalam acara pernikahan coba Anda pikir apakah di acara pernikahan di dalam undangannya terdapat tulisan memakai pakaian batik?…Jawabannya tidak ada kita menyadari bahwa batik itu sudah ada di dalam masyarakat Indonesia tanpa diberitahukan pasti memakai pakaian batik di dalam acara pernikahan.

Kita harus mampu belajar dari batik, jika batik sebagai warisan budaya masih tetap eksis dan diakui sebagai warisan budaya dunia, mengapa kearifan lokal tidak bisa ? Tentunya bisa, kearifan lokal tinggalan dari nenek moyang kita yang syarat akan nilai-nilai dan budaya seperti halnya gotong royong yang harus kita lestarikan.

Karena Batik saat ini menjadi trend fashion yang sangat modern karena modelnya semakin banyak. Selebriti bahkan kepala negara di berbagai belahan dunia sudah banyak yang memakai pakaian batik. Tentu sudah sepantasnya kita sebagai warga negara Indonesia harus ikut bangga dengan memakai pakaian batik.

Kita mengetahui bersama bahwa setiap motif batik memiliki makna masing-masing. Penciptaan motif sebuah batik juga biasanya dipengaruhi oleh kultur budaya setempat. Makanya, jangan heran kalau batik itu biasanya menggunakan simbol-simbol yang sudah sangat identik seperti contoh: Batik betawi yang motifnya ondel-ondel

Saat ini pun kita tidak perlu pergi jauh-jauh untuk membeli batik karena di bukalapak pun banyak sekali pelapak yang menjual dagangannya berupa pakaian batik dari pakaian batik wanita hingga batik pria pun tersedia.

Saya pun sangat ingin sekali membuat produk yang terdapat motif batik nya semoga terwujud “Aamiin”. Dengan menggunakan batik, Anda telah membantu mempromosikan Batik kepada orang lain secara tidak langsung. Tentunya dengan mempromosikan kain khas Indonesia yaitu batik akan membuatnya semakin terkenal dan masyarakat seluruh dunia tahu bahwa Batik adalah milik Indonesia.

Saat ini banyak sekali anak muda yang sadar akan melestarikan budaya nya terutama batik. Pada waktu dulu ketika saya sekolah menengah kejuruan (SMK) saya study tour ke yogyakarta dan solo dan disana saya dan kawan-kawan membatik. Banyak sekali touris yang berkunjung tidak hanya lokal namun luar pun ingin belajar membatik.

Sebagai warna negara Indonesia sepatutnya kita harus menghargai dan melestarikan batik ini. Apalagi dengan anak muda-mudi yang saat ini berada dalam industri kreatif . Saya berharap banyak sekali anak muda yang membuat produk yang memiliki motif batik yang menjadi ciri khas Indonesia tercinta dan Anda pun dapat menjual produk batik Anda di Bukalapak karena Bukalapak memang okay.

One Comment

Komentar dengan 💗 di 👇🏾

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.