Ahli SEO dan pakar SEO Indonesia-AUDI PRASETYA (Terlengkap SEO)

by Juli 12, 2017
BLOG SEO 2   159 views 0

Sebelum ngotik masuk dalam topik pembahasan tentang ahli SEO dan pakar SEO terlebih dahulu ngotik akan jelaskan secara terperinci tentang SEO agar sahabat mudah untuk memahaminya.

Apa itu SEO


Search Engine Optimization atau dibahasa Indonesia kan (pengoptimalan mesin telusur), biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Seseorang yang sudah mempelajari hal tentang SEO atau bisa disebut ahli SEO ataupun pakar SEO banyak yang membuka jasa SEO ataupun mengadakan pelatihan. Dalam hal ini sahabat harus benar-benar teliti jika ingin menggunakan jasanya, karena banyak sekali yang belum mengerti SEO atau pun websitenya tidak pernah tembus dihalaman pertama namun berkata “SAYA AHLI SEO”. Jadi untuk sahabat yang ingin menggunakan jasa SEO sebaiknya cari ahli seo atau pakar SEO setidaknya memiliki website yang tembus dihalaman pertama namun bukan dari Iklan tetapi dari manual yaitu SEO.

Cara membedakan SEO dan Non-SEO


Dari gambar diatas diketahui bahwa non seo ditandai dengan iklan/ads yang digunakan google adwords dan SEO dengan alami dapat muncul di halaman pertama search engine.

Jika sahabat menggunakan 2 hal ini dalam website sahabat bisa dibayangkan sangat besar trafik yang akan didapatkan.

 

Dibawah ini saya ambil kata dari google yang menjelaskan penggunaan jasa SEO


Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs sahabat dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi. Pastikan meneliti kemungkinan keuntungan serta kelemahan yang dapat ditimbulkan oleh SEO yang tidak bertanggung jawab terhadap situs sahabat.

Banyak SEO dan agen serta konsultan lain yang menyediakan layanan yang bermanfaat bagi pemilik situs web, meliputi:

  • Ulasan tentang konten atau struktur situs sahabat
  • Saran teknis tentang pengembangan situs web: misalnya, hosting, pengalihan, laman kesalahan, dan penggunaan JavaScript
  • Pengembangan konten
  • Manajemen kampanye pengembangan bisnis online
  • Penelitian kata kunci
  • Pelatihan SEO
  • Keahlian dalam pasar dan geografis tertentu.

Jika sahabat menggunakan jasa SEO yang mungkin ahli SEO atau pakar SEO  belum terkenal atau terpopuler sahabat dapat mengajukan pertanyaan seperti ini:

Beberapa pertanyaan berguna untuk ditanyakan kepada SEO meliputi:

  • Dapatkah sahabat menunjukkan kepada saya contoh hasil kerja sebelumnya dan berbagi beberapa kisah sukses?
  • Apakah sahabat mematuhi Pedoman Webmaster Google?
  • Apakah sahabat menawarkan layanan pemasaran online atau nasihat untuk melengkapi bisnis penelusuran organik sahabat?
  • Jenis hasil pencarian apakah yang ingin sahabat lihat dan dalam batasan waktu apa? Bagaimana sahabat mengukur keberhasilan sahabat?
  • Apa pengalaman sahabat dalam industri saya?
  • Apa pengalaman sahabat di negara/kota saya?
  • Apa pengalaman sahabat dalam mengembangkan situs internasional?
  • Apa teknik SEO yang terpenting bagi sahabat?
  • Sudah berapa lama sahabat bekerja dalam bisnis ini?
  • Bagaimana cara saya menghubungi sahabat? Apakah sahabat bersedia memberi tahu semua perubahan yang sahabat lakukan pada situs saya, dan menyediakan informasi mendetail tentang rekomendasi sahabat serta semua alasannya?

Sumber: support.google.com

dalam ini pun ngotik akan memberitahukan Ahli SEO atau Pakar SEO INDONESIA yang ngotik kenal secara Online dan mereka pun memiliki jasa atau sekolah yang khusus tentang SEO ataupun tentang bisnis online. Beberapa nama ahli SEO atau pakar SEO  di dunia online marketing yang menurut ngotik punya reputasi baik di dunia online adalah:

  1. Syamsulalam :Jika sahabat pernah mengetik keyword di google tentang ahli SEO pasti sahabat akan melihat website syamsulalam.net di halaman pertama. Orang Indonesia ini sangat mendalami tentang SEO iya karena dia seorang ahli SEO dan Pakar SEO, Syamsulalam berdomisili di sidoarjo setahu ngotik dia memiliki tempat untuk pelatihan.
  2. Anne Ahira (www.AsianBrain.com) :Anne Ahira adalah salah satu Guru internet marketer yang ada di Indonesia dan juga memiliki keahlian dalam SEO. Di Asian Brain, Anne Ahira memberikan materi tentang internet marketing. Mungkin sahabat tahu tentang maxmanroe dia adalah seorang murid dari anne juga.
  3. PanduanIM :Website ini sering muncul di halaman pertama yang menjelaskan topik tentang SEO ataupun bisnis Online dan Internet marketing. Mungkin hampir semua artikel tembus dihalaman pertama search engine.
  4. Maxmanroe :Maxmanroe salah satu website yang sering saya baca karena artikelnya sangat menarik semua dan artikelnya pun sering tembus dihalaman pertama search engine bisa dibilang maxmanroe website yang sangat populer karena maxmanroe pun konsisten dalam membahas tentang dunia digital terutama tentang SEO.

Dan ngotik akan menjelaskan juga tentang SEO

Baca juga:

Belajar internet merketing tahap pemula

Tujuan dari SEO


Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah website untuk mendapatkan pelanggan baru secara alami.

Jika tujuan SEO sahabat tercapai, dari tujuan dasar dan tujuan utama ini, maka dapat dipastikan akan banyak trafik tertarget menuju situs web atau halaman web yang sahabat optimisasi untuk mesin pencari. Semakin banyak trafik tertarget, maka potensi tercapainya objektif atau tujuan akhir dari situs sahabat akan semakin tinggi.

Manfaat SEO


  1. Menaikan pagerank pada search engine
  2. Meningkatkan pengunjung
  3. Dapat meningkatkan penjualan secara alami tanpa perlu beriklan

Dalam hal seo mungkin sahabat pernah dengar tentang apa itu On-page karena On-page  itu pun harus perlu dipelajari

Apa tujuan optimasi on-page ?


Tujuan on-page adalah untuk memberitahukan kepada search engine bahwa website kita sesuai dengan apa yang dicari orang pada search engine atau mesin pencari.

Dalam seo unsur utama yang harus dipelajari adalah on-page, masih banyak lagi sih untuk konsep dari seo seperti membuat blog dummy bisa belajar disini, kalau ada on pasti ada off yaitu katagori off page nanti saya jelaskan di artikel selanjutnya.

Sebagai contoh :

Coba bayangkan jika sahabat ingin mencari artikel di search engine namun judul nya sesuai dengan sahabat cari namun ternyata isi nya ternyata berbeda, Menyebalkan bukan apalagi di alihkan kesitus yang tidak sahabat ingin buka seperti pornografi atau pun judi.

kemungkinan besar dikarenakan pemilik website tersebut tidak membidik targetnya yang sesuai dengan niche.

Manfaat dari on-page


Manfaat dari on-page

  1. Mendatangkan pengunjung yang sangat banyak
  2. Mesin pencari atau search engine dapat mengerti tentang situs sahabat atau lebih kenal dengan situs sehabat
  3. Mempermudah pengunjung mencari artikel yang sesuai

 

Bagaimana membuat konten yang tertarget


  1. Keyword
  2. Meta description
  3. Judul
  4. Media gambar

4 hal ini harus sahabat optimasikan pada website karena unsur terpenting dalam mesin pencari untuk mengendus website sahabat.

Ngotik akan jelaskan

  1. Keyword :Dengan menyertakan keyword dalam halaman website sahabat. Tepatnya di dalam konten, di judul, dan di URL. Dengan demikian, mesin pencari dan pengunjung akan langsung memahami apa isi dari halaman atau konten website sahabat.
  2. Meta description :Dengan meta description yang menarik, maka kemungkinan orang lain untuk mengunjungi website sahabat akan semakin tinggi.  Sahabat dapat melihatnya disini untuk cara membuat meta description untuk wordpress.
  3. Judul :Gunakan keyword yang sahabat incar di judul dan buat yang menarik. Apabila judul yang sahabat buat mampu menarik banyak pengunjung, maka peringkatnya akan naik.
  4. Media gambar : Gunakan media gambar dan tulis judul yang sesuai saat memasukan nya dalam post atau artikel sahabat karena sangat berpengaruh di mesin pencari contohnya google image.

Jika ada On-page pasti ada Off-page dan apa itu:

Apa itu Off-page SEO


Off page adalah  proses optimasi yang dilakukan dari luar, yaitu dengan mencari backlink dan mempromosikan blog. Jadi inti dari offpage adalah mencari backlink dan promosi. Jika keduanya di lakukan dengan baik, maka akan menuai hasil yang baik juga.

Apa itu backlink


Backlink adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web, teknik ini biasanya digunakan untuk meningkatkan pengunjung website. Tapi apakah backlink tersebut berkualitas ? jika ya, berarti sahabat sangat beruntung. Karena waktu   online yang sahabat habiskan tidak sia – sia. Catatan: Satu backlink dari halaman berpagerank tinggi lebih baik dari pada puluhan backlink dari halaman situs abal – abal yang tidak mempunyai pagerank sama sekali.

Cara melakukan Backlink


  1. Berkomentar di blog orang lain, berkomentar tidak boleh sembarangan apa lagi jika komentar itu tidak sesuai dengan isi artikel atau hanya sekedar basa – basi. Berkomentarlah yang sesuai agar tidak dianggap spam dan gunakan ID “name url” karena menurut ngotik lebih efektif.
  2. Membuat blog bayangan, yang dimaksud blog bayangan yaitu blog dummy
  3. Mendaftar di forum diskusi seperti kaskus
  4. Sosial media
  5. Mengupload ulang gambar dari artikel terkait di website penyimpanan gambar umum, serta memberikan keterangan berupa link balik ke artikelnya.

Jadi Perbedaan kedua teknik tersebut yaitu optimisasi dari dalam website (On-Page) dan optimisasi dari luar website (Off-Page).

backlink

Dalam hal ini ngotik pun akan menjelaskan tentang Link building. Membangun link building itu sangat perlu untuk mempercepat trafik website atau membuat website kita populer dan disukai oleh search engine. Link building adalah cara untuk mendapatkan backlink dari website lain menuju website sahabat. Kalau sahabat ingin mendapatkan banyak pengunjung, maka sahabat harus menempati posisi teratas di hasil pencarian atau search engine. Supaya bisa mendapatkan rangking yang baik maka sahabat butuh teknik backlink. Biasa nya pengguna webiste yang malas jarang membangun beacklink  terutama untuk blogger pemula untuk itu ngotik akan bagi kan agar tidak malas untuk membangun backlink dan dapat berpikir kreatif.

Banyak hal yang dapat kita pelajari  agar tidak malas

untuk nge blog


  1. Jangan sering copy dan paste
  2. Gunakan teknik ATM (Amati-tiru-modifikasi)
  3. Tulis artikel yang sesuai dengan hobby atau pekerjaan jangan ambil artikel yang sebenarnya kita tidak tau dasarnya

Langsung ke dalam topik saja cara membangun link building


Ketika saya baru belajar ngeblog masih banyak sekali para blogger untuk menukar link namun sekarang mungkin sedikit menggunakan teknik ini..

Bagaimana membangun link building,

sahabat dapat menggunakan atau manfaatkan content sharing platform


Social bookmark merupakan salah satu content sharing platform yang sering diincar oleh pemilik website baru.

Tapi masih ada jenis content sharing platform yang lainnya seperti:

  1. Youtube & Vidio 
  2. Kompasiana  : ARTIKEL
  3. Slideshare : Konten presentasi

Website diatas sifatnya nofollow namun mereka membangun audiens nya sendiri namun kita masih dapat menumpang untuk mendapatkan trafik.

Meskipun tidak memiliki manfaat yang pasti untuk SEO namun media tersebut efektif untuk mempromosikan konten.

Konsep terpenting dalam Link building


Konsep yang terpenting dalam link building adalah membangun secara natural maksudnya apa dengan membangun link sukarela namun banyak sekali tidak segampang itu mendapatkan link sukarela mungkin dari sahabat memiliki kawan yang sering ngeblog sahabat dapat meminta kawan sahabat membangun atau mengulas link sahabat atau mungkin sahabat dapat membayar website yang memiliki reputasi yang baik di search engine namun harus sahabat pastikan untuk membangun link building harus sesuai dengan niche website sahabat. Ibaratkan memperpanjang sungai maksudnya mendapatkan visitor dari website yang membuat link building.

 

blog dummy

Sahabat mungkin pernah mencari tentang blog bayangan atau pasti pernah membacanya atau berkunjung.

Apa itu blog DUMMY?


Blog dummy adalah sebuah blog yang berisi konten seperti blog lainnya yang biasanya digunakan untuk menyisipkan backlink menuju blog utama guna menaikan nilai SEO blog utama di mata Search Engine google,bing,yahoo,dll.
Namun banyak yang tidak tahu status blog seperti biasanya tersebut adalah blog dummy. Biasanya para blogger
yang berpengalaman membuat blog dummy yang bagus menggunakan gratisan seperti wordpress, blogspot atau pun lainnya

Manfaat menggunakan blog dummy


Blog dummy sangat bermanfaat karena dapat mendatangkan pengunjung lebih banyak karena sangat membantu sekali dan sudah sangat teruji ke pastiannya.

Coba bayangkan 1 blog dummy bisa menggiring ke web asli misalnya 500 visitor itu 1 blog dummy jika 5 blog dummy atau pun 10 blog dummy banyak sekali bukan visitor yang datang.

Cara membuat blog dummy


Bagaimana sih membuat blog dummy, membuat blog dummy sama saja membuat blog biasanya biasanya menggunakan wordpress maupun blogspot. Jika sahabat memiliki budget yang besar buat saja blog dummy 2 yang pakai .com, .co.id atau pun lainnya untuk keperluan backlink nya, namun saya sarankan coba dahulu yang gratisan. Agar blog dummy sahabat aman, sebaiknya gunakan blog dummy sebagai blog utama, jadi kalian mempunya 2 blog dengan niche yang sama. Setiap update konten di blog utama, kalian juga update konten di blog dummy.

 

Fungsinya blog dummy untuk seo


Dari tujuan dibuatnya blog dummy saja sudah dapat disimpulkan bahwa blog dummy ini untuk mendapatkan backlink  yang nantinya akan berguna untuk SEO. Blog dummy sangat bermanfaat untuk SEO karena backlink yang didapatkan menjadikan seolah-olah ada orang yang telah mereview blog atau website kita sehingga website kita dianggap bermanfaat untuk orang lain, yang membuat search engine suka dengan blog kita. Namun minimal seminggu nge post jangan tidak nge post, lebih bagus sehari 1 post. Jangan hanya ngepost di media sosial saja mari ngepost di blog milik pribadi.

 

Dalam hal SEO banyak sekali yang perlu dipelajari memang banyak sekali ahli SEO atau pakar SEO di Indonesia karena banyak sekali yang bermain Blogger.

Tonton video  ini juga :

2 Comments

Pondok Jeruk

Ulasan panjang yang sangat berisi. Dari membaca artikel ini saja sudah dapat pengetahuan dasar tentang SEO. Walaupun kata kunci utamanya bukan belajar SEO dasar.

Semoga makin kuat seonya gan.

Reply

Komentar dengan 💗 di 👇🏾